Banyak kandungan surat dalam Al Qur’an yang apabila maknanya kita renungi, akan memberikan pelajaran yang begitu berharga dalam kehidupan kita baik di dunia maupun akhirat. Seperti dalam surat Al Jumuah.  Di antaranya adalah tentang kewajiban shalat Jumat.

Quran Surat Al Jumuah diturunkan setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Hal ini menjadikannya sebagai surah Madaniyah. Surat ini terdiri dari 11 ayat.

Selain anjuran tentang shalat Jumat, terdapat empat pelajaran berharga dalam QS Al Jumuah yang disebutkan pada tiga ayat terakhirnya yakni ayat 9-11:

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Apabila shalat (Jumat) telah dilaksanakan, bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

Apabila (sebagian) mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera berpencar (menuju) padanya dan meninggalkan engkau (Nabi Muhammad) yang sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah, “Apa yang ada di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perdagangan.” Allah pemberi rezeki yang terbaik.”

Berikut pelajaran dari tiga ayat tersebut :

1. Pelajaran berharga dalam QS Al Jumuah: Menguatkan kedudukan sunnah Nabi

Tiga ayat terakhir surat Al Jumuah mungkin merupakan bukti terkuat tentang posisi dan peran sunnah. Ketika ayat-ayat itu diturunkan, baik shalat Jumat dan adzan untuk beberapa waktu ditetapkan sebagai ibadah agama.

Di sini Alquran tidak mengatur keduanya. Itu hanya menegaskan apa yang sudah ada, memberikan panduan pendidikan dan etika lebih lanjut tentang mereka.

2. Pelajaran berharga dalam QS Al Jumuah: Menyeimbangkan antara kebutuhan tubuh dan jiwa, materi dan roh, dan antara dunia ini dan akhirat

Segala sesuatu harus diberikan haknya, tetapi spiritualitas lebih diutamakan daripada yang lainnya. Selain itu, materi tidak lebih dari sarana untuk mencapai kesejahteraan spiritual.

Keridhaan Allah SWT dan jannah-Nya (Surga) adalah tujuan perjuangan orang beriman. Mereka adalah akhir dari semua tujuan lainnya.

Filosofi ini terangkum dalam ketiga ayat surat Al Jumuah tersebut. Allah SWT berfirman bahwa ketika adzan dikumandangkan untuk shalat Jumat sebagai salah satu kewajiban paling mendasar dalam Islam.

3. Pelajaran berharga dalam QS Al Jumuah: Hubungan antara materi dan roh, dan antara keterlibatan duniawi dan spiritual

Ayat kesepuluh surat Al Jumuah mengandung hikmah untuk melanjutkan tentang hubungan antara materi dan roh, dan antara keterlibatan duniawi dan spiritual

Usai shalat Jumat, Allah SWT memerintahkan kita untuk kembali mencari rezeki di bumi Allah. Dan harus mengingat ketika mendapatkan nikmat tersebut adalah karunia Allah sehingga sudah sepatutnya bersyukur kepada Allah SWT.

4. Pelajaran berharga dalam QS Al Jumuah: Sukses dunia akhirat

Ayat sembilan menyebutkan yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Paradigma Islam adalah satu-satunya yang menjamin kesuksesan di kedua alam yaitu di dunia dan akhirat, seperti yang telah terjadi terbukti berkali-kali melalui sejarah. Itu karena sumbernya adalah Allah SWT yang memiliki rezeki yang terbaik.