Tahukah Anda siapa manusia paling sehat di muka bumi? Dialah Rasulullah. Nabi begitu menjaga pola hidupnya sehingga kesehatannya selalu terjaga.

Kenapa kita ummatnya merasa bingung jika harus mencari tahu bagaimana cara hidup sehat? Padahal sudah sejak 15 abad yang lalu Nabi  mencontohkan semua itu untuk kita para ummatnya.

Yuk, simak 9 kebiasaan Rasulullah yang membuat diri beliau selalu sehat :

1. Bangun pagi. Bahkan Rasulullah sudah bangung saat sepertiga malam.  Ini membantu memperbaiki kualitas hidup Anda.

2. Makan secukupnya. Menurut Nabi Muhammad SAW, makanlah secukupnya. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyakit. Dalam konsep islam dan ilmiah, jangan makan terlalu kenyang. 

3. Makan secara perlahan. Dianjurkan Nabi Muhammad SAW, mengunyah makanan secara pelan. Sebab, dibutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak kita sehingga penuh untuk berpikir. Mengunyah dengan lambat juga akan membantu Anda memperbaiki sistem pencernaan dan ini adalah praktik yang dilakukan Nabi Muhammad dan sangat dianjurkan.

4. Makan bersama. Makanlah secara bersama-sama dan tidak terpisah, bisa menjadi keberkahaan bagi siapapun. Nabi menekankan hal ini, bisa berbagi dan menikmati makanan. Terbukti makan bersama bisa mengurangi stres, memperbaiki hubungan keluarga agar tetap harmonis, dan membangun kebiasaan makan yang sehat untuk anak-anak.

5. Jangan minum air satu napas. tapi minumlah dalam dua atau tiga kali nafas adalah cara Rasulullah meminum air.

Ilmu pengetahuan juga membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat mereka dapat mengalami sakit kepala karena adanya ketidakseimbangan kadar elektrolit. Minum secara perlahan dapat membantu proses penceranaan dalam tubuh Anda berjalan dengan baik.

6. Makan buah delima. Buah delima dianggap buah favorit nabi, dan penelitian ilmiah modern telah membuktikan buah delima sebagai salah satu makanan paling sehat. Buah ini membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium, yang membantu mempertahankan fungsi seluler dan menjaga keseimbangan kadar cairan. Ampuh juga melindungi tubuh dari penyakit jantung.

7. Puasa. Ibadah yang sudah terbukti secara kesehatan baik untuk tubuh kita, karena ketika berpuasa waktu makan dan pola makan kita menjadi lebih teratur. Beliau berpuasa pada hari Senin dan kamis, dan juga pada ayamul bidh yakni tanggal 13,14,15 di setiap bulannya.

Praktik puasa telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres, oksidatif, dan mengurangi keseluruhan peradangan.

8. Makan kurma. Kurma adalah makanan yang sempurna untuk berbuka puasa. Kurma dapat menstabilkan kadar gula darah Anda, menyeimbangkan kadar elektrolit darah, dan memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh. Nabi Muhammad SAW juga merekomendasikan bagi wanita hamil untuk rutin mengkonsumsi kurma menjelang proses persalinan. Kurma sekarang terbukti bisa meningkatkan produksi oksitosin di tubuh Anda dan dapat mempercepat persalinan.

9. Olahraga. Memenuhi tiga dari lima rukun Islam mengharuskan kaum muslim untuk menjaga kesehatan. jenis olahraga yang baik adalah yang cukup banyak melibatkan pergerakan otot dan sendi tubuh Anda seperti berenang, menunggang kuda, dan memanah.

Yuk, contoh kebiasaan hidup sehat nabi agar kesehatan, keberkahan, dan kebahagiaan senantiasa menaungi kita.