Untuk para orang tua, hendaknya hati-hati terhadap penyakit ‘ain yang bisa disebabkan melalui foto dan video si kecil

Apakah Anda sebagai orang tua pernah memposting foto dan video tumbuh kembang si kecil? Rata-rata orang tua jaman sekarang pernah melakukan hal itu yah.

Hendaknya para orang tua lebih berhati-hati lagi ketika men-share foto atau video anak kita di sosial media, karena penyakit ‘ain bisa terjadi melalui foto ataupun video.

Meskipun tidak pasti setiap foto yang di-share terkena ‘ain tetapi lebih baik kita berhati-hati, karena sosial media akan dilihat oleh banyak orang.

Penyakit ‘ain adalah penyakit baik pada badan maupun jiwa yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub/kagum, sehingga dimanfaatkan oleh setan dan bisa menimbulkan bahaya bagi orang yang terkena.

Ibnul Atsir rahimahullah berkata, “Dikatakan bahwa Fulan terkena ‘ Ain , yaitu apabila musuh atau orang-orang dengki memandangnya lalu pandangan itu mempengaruhinya hingga menyebabkannya jatuh sakit”

Hal ini terjadi karena ada pandangan hasad/iri kepada gambar itu atau pandangan takjub dan penting diketahui bahwa penyakit ‘ain bisa muncul meskipun mata pelakunya tidak berniat membahayakannya (ia takjub dan kagum). Jadi untuk para orang tua, hati-hati ya jika memposting foto atau video anak kita, jangan sampai terkena efek dari penyakit ‘ain.

Lebih baik waktu yang ada kita manfaatkan benar-benar untuk menimba ilmu seperti belajar tahsin al qur’an dan menghafalkannya.

Insya Allah semua itu akan membawa kebaikan bagi pelakunya di dunia maupun akhirat.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt.