Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR.  Muslim no. 854).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

  1. Hadits di atas menyebutkan keistimewaan hari Jum’at dibanding hari-hari lainnya. Hari Jum’at adalah hari terbaik dalam sepekan. Sedangkan hari Arofah adalah hari terbaik dalam setahun.
  2. Dalam hadits di atas tidak semuanya menyebutkan keutamaan hari Jum’at. Mengenai keluarnya Adam dari surga dan terjadinya kiamat tidaklah teranggap sebagai keutamaan hari Jum’at namun menceritakan mengenai perkara besar yang nanti akan terjadi.
  3. Hadits tersebut menunjukkan bahwa seorang hamba di hari Jum’at hendaklah mempersiapkan diri dengan berbagai amalan sholih supaya mendapatkan rahmat Allah dan tercegah dari murka Allah.
  4. Hari kiamat disegerakan sebagai balasan bagi para nabi, shiddiqin, para wali Allah dan selainnya, juga untuk menampakkan karomah dan kemuliaan mereka. (Disarikan dari Syarh Muslim, Imam Nawawi, 6: 142)

 

Lalu, apa sajakah tanda-tanda kiamat itu? Benarkah sudah semakin dekat hari akhir itu? Sudah melakukan persiapan aja saja kita untuk bekal kehidupan akhirat?

Tanda kiamat ini sudah sering terjadi, kita pun sering mengucapkannya. Namun sebagian dari kita tak menyadarinya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Kiamat tidak akan datang hingga waktu terasa berjalan dengan cepat. Satu tahun terasa satu bulan. Satu bulan terasa satu pekan. Satu pekan terasa satu hari. Satu hari terasa satu jam. Satu jam terasa bagai sepercikan api (yang menyala), kemudian padam.” (HR. Tirmidzi dan Imam Ahmad)

Bukankah kita semua sering merasakannya saat ini?

Waktu berjalan dengan cepat hingga kita tidak menyadarinya. Ingat-ingatlah, rasanya Ramadhan baru berlalu kemarin, tapi dalam beberapa hari ke depan, kita akan kembali menjumpainya, jika Allah Ta’ala Menghendaki.

Dan bisa jadi, hari ini kita bergumam, “Sudah sore aja. Padahal, pagi baru saja beranjak.”

 

Selain waktu yang terasa begitu cepat, beberapa tanda kiamat besar juga perlu kita waspadai seperti berikut ini :

  1. Asap

Tanda-tanda kiamat besar  yaitu munculnya Asap atau  dukhan yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti flu di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

  1. Munculnya Dajjal

Tanda-tanda kiamat besar  yang kedua Dajjal diceritakan hanya memiliki satu mata dengan mata sebelah kanan buta. Diceritakan bahwa ia akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimana sehingga banyak orang yang akan mendengan seruannya.

  1. Binatang Besar

Dalam ayat Al-Quran mengatakan aka nada binatang besar yang hadir di bumi untuk menunjukkan kekuasaan Allah.

“Dan apabila perkataan telah jatuuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami” (Qs. An Naml ayat 82)

  1. Matahari muncul dari barat

Tanda-tanda kiamat besar  yang keempat yaitu  matahari akan muncul dari arah matahari terbenam.

  1. Turunya Nabi Isa

Dalam surat Ali Imran ayat 55 mengatakan bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. Saat hari kiamat besar terjadi nantinya Nabi Isa diturunkan kembali ke bumi untuk membunuh Dajjal.

  1. Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

  1. Tiga Penenggelaman Bumi

Pada hari kiamat akan terjadi penenggelaman daratan dimuka bumi yang meliputi bagian bumi bagian barat, timur serta jazirah Arab

Semoga kita segera sadar dan bergegas mengumpulkan bekal untuk kehidupan yang abadi di akhirat nanti.

Namun kapan tanggal pasti kiamat itu datang, tidak ada yang mengetahuinya.

Wallahu A’lam.

 

.