Pertanyaan yang sering terlintas di benak banyak orang, “Umroh Gratis, mungkinkan?”. Banyak orang islam yang ingin menunaikan kewajiban Ibadah haji, akan tetapi tidak semua memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menunaikannya.

Namun, kembali lagi pada diri sendiri bahwa untuk bisa beribadah ke Baitullah tidak hanya dilihat dari soal banyaknya harta melainkan semata-mata adalah karena hidayah dari Allah Swt. Tidak semua orang yang mempunyai kekayaan tergerak hatinya untuk datang mengunjungi Baitullah.

Dengan keimanan yang cukup kuat, dapat membuat kita berkeyakinan besar bahwa untuk mengujungi Baitullah alasan utama tidak semata-mata harus memiliki banyak uang. Toh banyak pula yang sudah mendaftarkan diri untuk beribadah haji atau umroh, di tengah jalan mereka gagal berangkat atau ada halangan tertentu yang membuatnya tidak jadi beribadah ke tanah suci.

Tapi apakah benar bahwa kalau mau umroh harus punya uang banyak?

Apakah orang-orang yang dikatakan tidak cukup dalam keuangan selamanya tidak mungkin diundang oleh Allah ke Baitullah ?

Lalu Umroh GRATIS, mungkinkah ?

Jawabannya adalah mungkin sekali. Hal ini sesuai dengan beberapa kejadian yang terjadi disekitar kita, bahwa beberapa orang ternyata berkesempatan berangkat umroh dengan GRATIS bahkan sekaligus diberi uang saku oleh pihak yang menghadiahkan umroh GRATIS kepada si penerima.

Seperti yang terjadi pada salah satu hamba Allah ini, dengan pertanyaan yang diajukan kurang lebih seperti ini, “Kok bisa Anda umroh dan katanya gratis?”, ia menjawab, bukan cuma gratis mas, tapi malah dikasih uang saku selama perjalanan pulang pergi dan sudah termasuk pengurusan dokumen seperi paspor dan lainnya.”

Beliau menambahkan “Hanya Allah yang maha tahu mas, tiba tiba saja anak saya bilang bahwa ada orang yang mau memberangkatkan umroh saya, setelah ia (orang yang memberangkatkan umroh) sebelumnya umroh satu keluarga.”

“Saya padahal sempat nangis sama anak saya karena saya ingin sekali haji, tapi nggak mungkin. Umroh aja wis, sekali aja saya bisa melihat Baitullah, tapi kayaknya juga nggak mungkin, jadi anak saya juga minta maaf karena nggak bisa membiayai saya umroh. Tapi Allah Swt mungkin mendengar do’a kami selang 3 bulan saya dapat kabar mau diumrohkan.” Katanya sambil berkaca mengenang saat ia umroh.

Kembali lagi kalau di dunia ini tidak ada yang mustahil bagi Allah seperti yang juga terjadi pada guru ngaji di salah satu pesantren di Jakarta. Ia mendapatkan umroh gratis dan diberangkatkan oleh salah satu donatur tetap di yayasan tersebut. Berkat barokah Qur’an, pengabdian mengajarkan Al Qur’an selama ini beliau bisa beribadah ke baitullah tanpa biaya sendiri.

Bahwa siapapun yang dikehendaki Allah maka akan dimudahkan dan semua GRATIS tanpa biaya sama sekali.

Yuk, tanamkan niat yang kuat agar Allah permudah kita bisa mengunjungi Baitullah untuk beribadah ke sana dan berziarah ke makam Rasulullah Saw.

Semoga bermanfaat dan kita termasuk orang yang akan terpilih menjadi tamu-tamu Allah secepatnya, niat kuat dan biarkan alam semesta yang menciptakan jalan untuk sampai padanya sesuai dengan kehendak Allah. Amin