Ramadhan bulan penuh ampunan, penuh keberkahan, dan penuh kebahagiaan. Hal-hal apa saja yang dilakukan sebagai orang tua untuk menumbuhkan rasa bahagia pada anak-anak kita dalam menyambut ramadhan? Yuk, jadikan momen ramadhan menjadi peristiwa menyenangkan yang akan mereka ingat dan ditunggu-tunggu hingga dewasa kelak.

Begini persiapan yang bisa dilakukan bersama anak-anak dalam menyambut ramadhan :

1. Kenalkan ramadhan melalui cerita

Dunia anak erat kaitannya dengan kisah. Perkenalkan ramadhan kepada anak-anak melalui buku cerita agar terasa menyenangkan. Di sini kita bisa ajarkan tauhid dengan cara yang bisa anak-anak terima. Jangan sampai anak-anak menjadi terpaksa berpuasa bahkan menjadi benci hanya karena cara kita yang salah dalam penyampaiannnya.

2. Adakan kesepakatan bersama anak selama ramadhan

Kesepakatan biasanya dilakukan pada anak usia pra sekolah. Perlahan namun pasti, kita sebagai orang tua bisa memberikan mereka hadiah jika anak-anak berhasil melakukan ibadah puasa meski belum sempurna. Yang penting mereka mau belajar dan berproses.

3. Ajak anak mendekorasi rumah menyambut ramadhan

Agar ramadhan selalu berkesan di hati anak hingga dewasa kelak, jadikan momen ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh mereka. Ciptakan kenangan indah selama ramadhan, bisa dengan mendekorasi rumah bertemakan selamat datang ramadhan atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan ramadhan.

4. Menyusun rencana aktivitas selama ramadhan

Agar selama ramadhan waktu kita tidak terbuang percuma, susun aktivitas selama ramadhan, hal-hal apa saja yang akan menjadi prioritas. Hal ini bisa menumbuhkan jiwa keteladanan bagi anak-anak. Agar kelak mereka menjadi orang yang selalu membuat perencanaan waktu dengan baik.

5. Menyusun menu favorit anak-anak

Menyusun menu favorit anak juga bisa dijadikan ajang persiapan menyambut bulan puasa ramadhan. Libatkan mereka dalam menyusun menu sahur dan berbuka puasa. Agar bisa menjadi pemicu rasa semangat mereka melaksanakan ibadah puasa selama ramadhan

Semoga ibadah puasa di bulan ramadhan nanti, bisa menjadi kesan menyenangkan tersendiri bagi anak-anak, yang kelak akan menjadi kenangan indah yang selalu dinanti hingga mereka dewasa. Sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah karena selalu bersuka cita menyambut datangnya bulan suci ramadhan.