Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas?

Namun, fakta yang sering ditemui adalah ketika orang tua menyuruh anaknya untuk belajar, si anak agak susah untuk diajak bekerja sama.

Lalu bagaimana kiat-kiat agar anak senang belajar?

Yuk ikuti tips-tips di bawah ini:

1.Belajar sambil bermain

Jangan jadikan belajar menjadi suatu hal yang terlalu serius untuk anak-anak, karena masa kanak-kanak adalah masa bermain, maka latihlah anak dengan belajar sekaligus bermain.

2.Memberi teladan

Anak adalah plagiator tercepat, jadi para orang tua yang menginginkan anaknya rajin belajar, contohkanlah dengan Anda sebagai orang tua membaca buku, menulis, atau mengaji membaca Al Qur’an.

3.Mendukung anak

Dukungan dan motivasi bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Jangan pernah mengekangnya karena itu hanya akan membuat dampak buruk bagi psikologisnya.

4.Membuat jam belajar

Buatlah jam belajar yang orang tua dan anak sepakati, sehingga ia tau kapan harus belajar dan kapan harus bermain lagi.

5.Memberi apresiasi/penghargaan

Setiap anak Anda mampu menulis huruf atau memecahkan soal, berilah ia apresiasi seperti pujian atau bahkan makanan yang ia suka.

Praktek di atas bisa juga diterapkan bagi para orang tua yang mengajari anaknya membaca Al Qur’an atau menghafalkannya ketika di rumah.

Diperlukan kesabaran ekstra dan keistiqomahan peran orang tua untuk senantiasa mendampingi anak-anaknya dalam proses belajar.

Jika mereka salah rangkulah dan perbaiki perlahan, jika mereka benar teruskanlah. Tanamkan sikap yang tawadhu ketika membersamai mereka berproses dalam menuntut ilmu. Jadilah teladan yang baik dengan menjadi orang tua yang tidak menggurui namun tetap memiliki wibawa di hadapan anak-anak Anda.

Dengan mengikuti tips ini semoga anak Anda dapat belajar dengan baik ya 😊

Semoga Allah senantiasa memudahkan para orang tua dalam mendidik anak-anak kita yang merupakan anugrah sekaligus amanah dari Allah Swt.