Qiyamulail adalah momen dimana doa seorang hamba akan dikabulkan oleh Allah Swt. Bahkan para malaikat pun turun mencari siapa saja hamba yang bangun dan berdoa di malam tersebut. Karena tiada hijab antara seorang hamba dengan Rabb-Nya, setiap doa yang dipanjatkan bagai busur panah yang melesat dan tepat sasaran.

Lalu, bagaimanakah agar kita bisa istiqomah untuk bangun sholat tahajud?

1. Janganlah tidur terlalu malam.
Biasakah tidur sebelum jam 9 malam agar kita bisa bangun lebih awal. Karena semakin kita tidur lebih awal, kita akan memiliki energi lebih banyak ketika bangun di tengah malam nanti.

2. Hindari bermain HP dan menonton televisi sebelum tidur

Melakukan hal yang tidak bermanfaat sebelum tidur contohnya dengan tidak menonton televisi dan bermain HP, karena hal itu dapat membuat mata kita menjadi lelah dan otak terasa tegang. Sebagai gantinya, kita bisa isi waktu sebelum tidur dengan bertilawah quran, membaca buku, atau bercengkrama dengan keluarga.

3. Kuatkan niat untuk bangun malam dan berdoalah agar dimudahkan untuk bisa sholat tahajud

4. Tidurlah Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam

Berwudulah sebelum tidur, dan tidurlah dengan miring ke arah kiblat karena dengan posisi tidur yang sesuai sunnah rasulullah akan memudahkan kita untuk bangun sholat tahajud.

5. Begitu bangun nyalakan lampu agar terang dan membuat kita enggan untuk kembali memejamkan mata.

6. Berdoalah agar istiqomah
Karena segala sesuatunya tiada daya dan kekuatan selain dari Allah maka teruslah berdoa agar kita diberi kekuatan untuk bisa selalu bangun sholat tahajud.

Semoga tips – tipsnya bermanfaat yah. Yuk, kita praktikan bersama.