Apa yang biasa kita lakukan sebelum tidur? Ketika rasa kantuk melanda di penghujung malam, langsung kah kita berbaring di tempat tidur, atau berwudhu dulu lalu beroda, atau bahkan membaca surat Al Mulk terlebih dulu?

Tahukah Anda jika membaca surat Al Mulk sebelum tidur memiliki keutamaan tersendiri. Surat Al Mulk atau surat Tabarak jika dibaca sebelum tidur, maka Allah sendiri yang akan menghadiahkan banyak keistimewaan untuk pembacanya.

Surat yang disebut juga sebagai surat Al Mani’ah (penghalang) atau surat Al Munjiah (penyelamat) dengan izin Allah dapat menyelamatkan seseorang dari pedihnya adzab kubur.

Lalu apa sajakah keutamaan surat Al Mulk?

1. Terhindar dari Siksa Kubur dan Neraka
Semua makhluk pasti mengalami kematian, setelah itu ada alam kubur yang akan ditempati oleh jiwa-jiwa yang telah Allah wafatkan. Di sana, manusia akan mendapatkan siksa atau nikmat sesuai dengan apa yang telah diperbuatnya ketika di dunia. Namun ada ampunan dari Allah bagi manusia-manusia tertentu. Mereka adalah yang insya allah sering mendawwamkan surat Al Mulk sebelum tidur. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis

“Barang siapa membaca Tabarakalladzi bi yadihil Mulk setiap malam, maka Allah Swt akan menyelamatkannya dari siksa kubur.” (HR. An Nasa’i)

2. Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat
Atas izin Allah, surat Al Mulk dapat memberikan syafaat di hari kiamat bagi para pembacanya, dan mengeluarkan mereka dari neraka kemudian memasukkanya ke dalam surga. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah Saw :
“Bahwasanya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkan dari neraka, dan memasukkannya ke dalam syurga yaitu surat Tabarak.” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).

Masih malaskah kita mengamalkan untuk membaca surat Al Mulk sebelum tidur ketika sudah mengetahui keutamaannya? Jika masiih merasa malas, wajar. Karena syetan memang selalu menggoda manusia agar lalai dari mengingat Allah.

Jika dirasa berat membacanya setiap hari, mungkin bisa dicoba seminggu sekali, lalu lima hari sekali, dilanju tiga hari sekali, kemudian lambat laun kita akan mau dan mampu membacanya setiap hari tanpa merasa beban.

Yuk, semangat mulai praktikan membaca surat Al Mulk sebelum tidur, demi kehidupan akhirat kita agar mendapat ampunan Allah Swt.