Sering kali kita mendengar ungkapan bahwa silaturahim dapat mendatangkan rezeki, kenapa bisa begitu?

Ternyata banyak sekali hikmah dan manfaat dari silaturahim itu sendiri. Seperti yang diungkapkan dalam sebuah hadist

“Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW ia bersabda, ‘Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam,’” (HR Bukhari dan Muslim).

Betapa Rasulullah Saw pun sangat menjaga silaturahim terhadap sesama manusia.

Kurang lebih ada 10 keutamaan silaturahim dengan mengutip beberapa hadits di dalamnya:

  1. Dengan silaturahim kita mendapatkan ridha Allah. Karena silaturahim adalah perintah-Nya.
  2. Membuat bahagia kerabat, baik yang berkunjung maupun yang dikunjungi, karena mereka saling bertemu. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist :

 ‘Salah satu amal paling utama adalah idkhalus surur atau memasukkan kebahagiaan ke dalam hati orang yang beriman.’”

  1. Membuat bahagia malaikat karena malaikat senang pada silaturahim antara makhluk ciptaan Allah.
  2. Menciptakan kesan atau ingatan positif dari orang beriman terhadap mereka yang menjaga silaturahim.
  3. Membuat hati dan pikiran Iblis susah karena mereka tidak menyukai manusia yang mempererat silaturahim dan lebih menyukai perpecahan antara manusia
  4. Menambah berkah umur karena rasa bahagia yang ada di antara orang yang bersilaturahim.
  5. Menambah keberkahan rezeki. Semisal ada kawan lama yang tidak jumpa, setelah bersilaturahim mereka saling menginfokan adanya peluang-peluang rezeki yang ada di sekitarnya.
  6. Membuat bahagia keluarga yang sudah wafat karena mereka senang kalau keturunannya menjaga hubungan kekerabatan dan saling mendoakan.
  7. Menambah muruah atau kehormatan diri karena orang yang rajin silaturahim akan sering diingat hal-hal baik tentangnya.
  8. Menambah pahala di antara keduanya. Karena jika salah satunya ada yang menghadap Allah terlebih dulu, maka yang lainnya akan menceritakan kebaikan-kebaikan kawannya semasa ia hidup.

Waktunya terus menjalin silaturahim dimanapun kita berada, terlebih di bulan ramadhan ini. Semoga Allah senantiasa limpahkan berkah dan rahmatnya bagi orang-orang yang menjaga silaturahim.

Yuk, mulai sekarang coba agendakan mau berapa bulan sekali kita bersilaturahim dengan keluarga, kerabat, atau teman. Semoga menjadi kebahagiaan bagi hita kita semua sehingga mengundang ridho Allah Swt.