Assalamualaikum, apa kabar teman-teman semua di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan? Makin semangat beribadah atau sudah mulai berguguran tidak sesemangat seperti awal ramadhan?

Puasa dan sholat tarawih sudah adakah yang terlewati? Semoga tetap istiqomah, yah.

Bulan ramadhan selain menikmati waktu ketika berbuka, ada kenikmatan lain yang juga perlu kita syukuri yaitu bisa melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Apalagi diimami oleh orang yang bacaannya sangat indah, suaranya merdu, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorojul yang benar. Menjadikan sholat tarawih semakin terasa syahdu.

Pernahkah teman-teman mengikuti sholat tarawih yang bacaannya 1 juz Al Qur’an per malam? Ramadhan terasa makin nikmat jika kita bisa sholat tarawih seperti itu.

Biasanya sholat tarawih yang dilaksanakan adalah 20 rokaat dengan masing-masing rokaat bacaan sholatnya sebanyak 1 halaman Al Qur’an. Jadi 20 rokaat, yang dibaca adalah 2 halaman Al Qur’an (1 juz)

Apakah tidak terasa lelah megikuti sholat tarawih selama itu? Insya Allah tidak, jika dijalani dengan ikhlas karena Allah. Dan tanpa disadari, tubuh kita akan terasa lebih fresh jika mengikuti sholat tarawih 1 juz.

Kenapa bisa demikian? Karena sejatinya tiap sendi yang ada di  dalam tubuh kita ikut berdzikir mendengar lantunan ayat Al Qur’an yang dibacakan oleh sang imam. Biasanya setelah sholat tarawih usai, hati kita akan terasa sangat bahagia, merasa tenang, dan damai.

Namun sebaliknya, jika terasa lelah mengikutinya, mungkin hati kita terlalu kotor karena banyaknya maksiat yang dilakukan.

Pernahkah terbesit dalam hati sebuah pertanyaan, bagaimana sang imam tidak bingung ketika membacakan Al Qur’an tiap halaman di setiap rokaat sholat tarawih?

Tentu tidak, karena mereka yang menjadi imam tarawih adalah para penghafal Al Qur’an yang mutqin (kokoh hafalannya), sehingga bacaannya pun mengalir seperti ketika mereka membaca surat Al Fatihah.

Ada kenikmatan tersendiri loh yang dapat kita rasakan sebagai makmum bisa mengikuti sholat tarawih 1 juz. Apalagi bagi sang imam yang memimpin sholat, merupakan suatu kenikmatan luar biasa bagi dirinya sendiri bisa memurojaah hafalan dalam sholatnya.

 

Seperti yang dilakukan oleh para santri Kampoeng Tahfidz Cilik, tiap malam mereka melaksanakan 20 rokaat sholat tarawih dengan bacaan 1 juz Al Qur’an, dilanjutkan dengan sholat witir 3 rokaat.

Ini juga sekaligus dijadikan ajang untuk mengingat dan memperkuat hafalan para santri ketika diimami oleh Ustad Riswan Pulungan Al Hafidz pengajar di Kampong Tahfidz Cilik yang juga merupakan Imam Masjid Kubah Mas, Cinere – Depok.

Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa diberi kemudahan dan kenikmatan untuk mempelajari kalam-Nya, menghafalkannya, dan mengamalkannya. Amin