Terkadang keinginan hanya sebatas keinginan jika tidak diiringi dengan tindakan. Seperti halnya kita yang menginginkan bisa istiqomah untuk bangun sholat malam, namun tidak dilakukan sama sekali.

Lalu bagaimana agar kita bisa mulai rutin untuk bangun malam melakukan sholat tahajud? Mengingat begitu banyak keistimewaan dari sholat sunnah yang satu ini.

Di antaranya sebagai penghapus dosa, meraih keridhaan Allah SWT, kecintaan para malaikat, sunnah para Nabi, menenangkan jiwa, keberkahan bagi rezeki, hingga mudah terkabulnya doa pada waktu tajahud.

Berikut langkah-langkah agar kita bisa bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajud.

  1. Tekadkan niat sungguh-sungguh untuk sholat tahajud

Cara mudah bangun malam untuk bisa melaksanakan sholat tahajud yang paling utama adalah niat. Niatkan di dalam hati akan melaksanakan sholat tahajud karena Allah SWT. Niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa lebih bersemangat dan tidak mudah untuk digoyahkan.

  1. Makan malam secukupnya

Banyak makan dan minum biasanya akan membuat tidur pulas, sehingga akan sulit bagi kita untuk bangun malam. Jadi, makanlah lebih sedikit dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena perut yang berisi (banyak makan) cenderung akan membuat kita malas dalam beribadah.

  1. Tidurlah lebih awal

Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, tidur lebih awal setelah melaksanakan sholat isya juga bisa membantu agar kita mudah terbangun di sepertiga malam. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 9 malam.

Jika tubuh kita sudah terbiasa tidur di jam 9 malam, maka bangun di pukul 2 atau 3 dini hari tidak akan menjadi masalah. Membiasakan tidur lebih awal mempunyai banyak manfaat, misalnya mengistirahatkan tubuh lebih cepat. Ketika bangun, badan kita akan terasa lebih segar dan bugar.

  1. Pasang alarm

Cara mudah agar bisa bangun sholat tahajud salah satunya bisa memanfaatkan alarm pada smartphone. Para ulama menyarankan untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam yaitu jam 3 dini hari. Pasang alarm sesuai dengan jam yang direncanakan.

  1. Tidur miring ke kanan

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Sunah Rasulullah adalah tidur dengan posisi miring ke kanan.

Posisi ini dapat membuat tubuh terjaga dengan baik sehingga kualitas tidur lebih optimal.

Ingatlah bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang mendirikan sholat malam

Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79).

Yuk, mulai nanti malam kuatkan niat, bulatkan tekad, dan berdoa selalu kepada Allah swt agar kita diistiqomahkan untuk bisa melaksanakan sholat tahajud setiap hari.