Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu pekerjaan sekaligus tugas yang sangat mulia, karena orang-orang yang menghafal Al-Qur’an ialah manusia yang terpilih oleh Allah SWT. Namun untuk mewujudkan semua itu sangat berat. Maka diperlukan kesabaran dan kerja keras untuk mencapainya. Diperlukan strategi untuk bisa menjaga Al-Qur’an yang meliputi :

  1. Target hafalan

Untuk melihat seberapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan program yang ditentukan, maka penghafal Al-Qur’an seyogyanya menentukan target harian. target ini bukanlah merupakan ukuran yang dipaksakan, akan tetapi disesuaikan dengan kemampuan.

Hal ini dimaksudkan supaya ghiroh(keinginan)tetap terjaga dan melatih istiqomah.

  1. Meluruskan bacaan

Upaya membenarkan bacaan merupakan langkah awal yang harus ditempuh oleh penghafal Al-Qur’an. Hal ini bisa dilakukan dengan mendengarkan atau memperdengarkannya pada orang yang sudah baik dan betul bacaannya atau pada orang yang hafal dan cermat bacaannya.

  1. Memantapkan bacaan lama

Bagi para penghafal Al-Qur’an, hendaknya tidak beralih pada hafalan yang baru kecuali hafalan lama benar-benar sudah dimantapkan. Kegiatan ini dilakukan meliputi ayat perayat, halaman perhalaman dst.

  1. Menggunakan mushhaf khusus hafalan (1 mushaf)

Dengan menggunakan mushhaf khusus akan membantu proses penalaran, karena kalau menggunakan mushhaf yang beda-beda letak ayatnya, maka akan mempersulit proses hafalannya.

Hal ini juga dimaksudkan agar lebih menjaga dari ghosob. Al-Qur’an adalah kitab suci maka apa yang dimakan dan digunakan penghafal harus dijaga, karena sangat berpengaruh sekali terhadap hasil hafalannya.

  1. Memperhatikan ayat yang serupa

Dalam Al-Qur’an ada 6236 ayat, 2000 di antaranya adalah ayat-ayat yang serupa dari segi lafalnya. Dengan memperhatikan ayat-ayat yang serupa tersebut akan lebih membantu dalam mewujudkan hafalan yang baik. untuk itu diperlukan tingkat kecermatan yang tinggi supaya pada akhirnya hafalan benar-benar terpatri pada pikiran dan tidak terjadi kekeliruan antara ayat yang satu dengan yang lain.

Sudah punya niat menjadi penghafal Al Qur’an? Yuk, mulai hafalkan dari sekarang.