Istighfar, satu kata yang terdengar simple namun memiliki dampak luar biasa bagi kehidupan manusia. Betapa tidak, banyak keajaiban yang terjadi bermula dari sini. Dengan istighfar membuat jiwa tenang, badan sehat, rezeki pun ikut lancar.

Lafazh istighfar

اَسْتَغْفِرُاللهَ

Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah.” (HR Muslim).

Dalam istighfar terkandung makna permintaan agar Allah melindungi kita dari kejahatan yang telah lalu akibat dosa-dosa yang kita perbuat. Sedangkan taubat berarti kembali kepada Allah dan minta dilindungi dari kejahatan yang akan datang akibat dosa-dosanya.

Berikut beberapa keajaiban istighfar :

  1. Memperbanyak istighfar akan membuat pikiran tenang, hati lapang, dan jiwa tentram serta hidup nikmat.

Allah berfirman :

 

 وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُم مَّتَاعًا حَسَنًا إِلَى أَجَلٍ مُّسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ وَإِن تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

 

Artinya :

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Huud : 3)

 

  1. Dengan istighfar, menjadikan badan lebih kuat, sehat, dan terbebas dari segala penyakit. Seperti yang disampaikan dalam Al Qur’an :

وَيَاقَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلاَتَتَوَلُّوا مُجْرِمِينَ

 

Artinya :

“Dan (dia berkata):”Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu lalu tobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”. (QS. Huud : 52)

 

  1. Dengan membaca istighfar, dapat menghindarkan kita dari bencana, selamat dari musibah, dan terjaga dari fitnah. Sebagaimana Allah sampaikan dalam Al Qur’an.

 

وَمَاكَانَ اللهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ وَمَاكَانَ اللهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

 

Artinya :

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada diantara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”. (QS. Al Anfal : 33)

 

  1. Dengan istighfar kita dapat meminta curah hujan, keturunan yang shalih, dan kelancaran rezeki. Sebagaimana Allah sampaikan pada ayat berikut :

 

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

يُرْسِلِ السَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا

 

Artinya :

“Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-12)

 

  1. Dengan terus membaca istighfar dapat menjadikan Allah mengampuni dosa-dosa kita, menambah pahala, dan meningkatkan derajat. Seperti yang disampaikan dalam ayat berikut :

 

وَإِذْ قُلْنَا ادْخُلُوا هَذِهِ الْقَرْيَةَ فَكُلُوامِنْهَا حَيْثُ شِئْتُمْ رَغَدًا وَادْخُلُوا الْبَابَ سُجَّدًا وَقُولُوا حِطَّةٌ نَّغْفِرْ لَكُمْ خَطَايَاكُمْ وَسَنَزِيدُ الْمُحْسِنِينَ

 

Artinya :

Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman:”Masuklah kamu ke negeri ini (Baitul Maqdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak di mana yang kamu sukai, dan masukila pintu gerbangnya dengan bersujud, dan katakanlah:”Bebaskanlah kami dari dosa”, niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu. Dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al Baqarah : 58)

Percaya atau tidak, semua keinginan anda bisa terkabul dengan istighfar. Yuk, mulai sekarang perbanyak istighfar dimanapun kita berada.