Maulid Nabi Muhammad Saw, siapa yang tak menanti bulan kelahiran manusia paling agung nan mulia. Yang dicintai begitu banyak ummat Islam di dunia. Mereka menyambut masuknya bulan Rabiul Awwal dengan penuh suka cita. Bulan kelahiran seorang yang menggoncangkan alam semesta, membawa rahmat bagi seluruh manusia di dunia. Bulan dilahirkannya seorang nabi yang paling banyak keutamaan dan keistimewaannya, Sayyidina Muhammad bin Abdullah.

Telah menjadi kebiasaan dan tradisi di kalangan salafus saleh setelah abad ke-3 Hijriyah merayakan peringatan maulid Nabi yang agung. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah menghidupkan malam maulid dengan berbagai macam kegiatan ketaatan dan ibadah kepada Allah Swt seperti memberi makan kepada para fakir miskin, memberikan santunan ke anak-anak yatim, memeriahkannya dengan bertilawah Al Qur’an bersama, mebaca dzikir berjamaah, melantunkan puisi dan pujian-pujian kepada Rasulullah Saw.

Semua kegiatan di atas merupakan wujud dari kecintaan kepada Rasulullah Saw, menunjukkan penghormatan kita terhadap kebesaran Nabi serta tanda syukur serta rasa terima kasih kita kepada Allah Swt yang telah mengutus beliau ke muka bumi ini untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Bermula dari bulan kelahiran Nabi Muhammad Saw, hingga saat ini kaum muslim di penjuru dunia serentak mengadakan peringatan Maulid Nabi, hampir sebulan penuh mereka mengisi hari-hari tersebut dengan mengumpulkan orang-orang untuk membaca kitab, bersholawat, memuji Rasulullah Saw serta mendengarkan ceramah keagamaan.

Begitu juga yang dilakukan oleh para santri tahfidz pesantren Qoiman Qurroul Qur’an di Cinere Depok, mereka berserta masyarakat sekitar saling bekerja sama menggelar acara peringatan Maulid Nabi. Kemeriahan acara diisi dengan Khotmil Qur’an yang dibacakan oleh para santri dan ustadz, menyantuni anak yatim, mendengar ceramaah keagamaan dan lain sebagainya.

Pentingnya peringatan maulid Nabi dengan melibatkan para santri sejak dini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak kepada junjungan Nabi besarnya Muhammad Saw. Agar kelak mereka dapat mencontoh Nabi Muhammad sebagai suri tauladan dalam kehidupan mereka.

Semoga dengan terus berlangsungnya acara Maulid Nabi di berbagai pelosok negeri bahkan di dunia, bisa menjadikan kita menjadi manusia yang lebih baik dan tetap berada di jalan yang lurus dengan mengikuti sunnah-sunnah beliau, Muhammad Saw. Hingga kelak kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan syafaat beliau di hari akhir. Amin ^_^