Al Qur’an adalah kitab penuntun umat muslim. Di dalamnya tertulis lengkap segala perintah Allah. Satu huruf saja membaca dari Alquran maka Allah akan memberikan pahala bagi para pembacanya.

Oleh sebab itu akan menjadi kebahagiaan tersendiri jika kita dapat menghafal seluruh ayat Al Qur’an, karena Allah SWT sendiri yang menjaga para penghafal Al Qur’an.

Selain itu ada beberapa faedah atau manfaat yang diperoleh oleh para penghafal Al Qur’an yaitu :

1. Jika disertai dengan amal saleh dan keikhlasan, maka inilah kemenangan dan kebahagiaan sesungguhnya yang didapat oleh para penghafal Al Qur’an baik di dunia dan akhirat.

2. Orang yang menghafal Al Qur’an akan mendapatkan anugerah dari Allah berupa ingatan yang tajam dan pemikiran yang cemerlang. Karena itu, para penghafal Al Qur’an lebih cepat mengerti, teliti dan lebih hati-hati dalam segala tindak tanduknya, karena otaknya sudah terbiasa diasah untuk mencocokkan ayat-ayat serta membandingkannya dengan ayat lainnya.

3. Menghafal Al Qur’an merupakan bahtera ilmu. Dengan menghafal Al Qur’an akan menjadi pemicu semangat tersendiri bagi para penghafalnya untuk berprestasi lebih cemerlang lagi di bidang lainnya.

4. Jika diamalkan dengan baik, mereka para Penghafal Al Qur’an memiliki identitas yang baik, akhlak, dan perilaku yang baik.

5. Dalam Al Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang membahas tentang hukum syariat. Seorang penghafal Al Qur’an dapat dengan cepat memecahkan suatu persoalan kehidupan berdasarkan hukum yang sudah Allah atur dalam syariat

Semoga suatu hari para santri penghafal Al Qur’an dan seluruh umat muslim pada umumnya dapat menghafal dan mengamalkan Al Qur’an secara keseluruhan agar mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Amiin.