Kini banyak masyarakat yang ingin anak-anaknya menjadi Hafidz Qur’an. Karena menghafal Al Qur’an merupakan amalan mulia dan mendapat balasan syurga kelak, insya Allah.

Namun, proses yang dilalui tidaklah mudah. Banyak rintangan dan ujian yang dialami mereka ketika menghafal Al Qur’an.

Di pertangahan jalan, tidak sedikit yang menyerah namun banyak pula yang bertahan dan mampu menyelesaikan hafalan hingga selesai 30 juz.

Mengingat keutamaan penghafal Al Qur’an begitu istimewa yaitu kelak mereka akan mendapat derajat yang tinggi dan dengan izin Allah dapat menolong anggota keluarganya agar bisa masuk syurga, memberikan mahkota kehormatan kepada orang tuanya, dan masih banyak lagi.

Lalu  agar tujuan tersebut dapat tercapai, apa saja kiat-kiat yang harus dilakukan untuk menghafalkan Al Qur’an, seperti berikut ini :

1. Luruskan Niat

Luruskan niat menghafal Al Qur’an hanya untuk mendapat ridho Allah Swt, bukan karena manusia misal ingin dipuji atau hal duniawi lainnya.

2. Menjaga Sholat Fardhu dan Amalan Sunnah

Menghafal Al Qur’an tanpa menjaga sholat fardu dan ibadah sunnah lainnya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi amalan utama yang akan dihisab pada hari kiamat adalah sholat. Jaga sholat kita, niscaya Allah pun akan menjaga hafalan kita.

3. Pilih Guru yang Tepat

Jangan berilmu tanpa berguru. Pilihlah guru yang tepat untuk Menghafal Al Qur’an, guru-guru yang memang kompeten dan sudah teruji seperti di TahfidzCilik.com

4. Meminta Doa pada Orang Tua dan Guru

Ridho allah tergantung ridho orang tua, sedangkan orang tua kedua adalah guru. Minta doa tulus dari mereka agar proses menghafal Al Qur’an dapat berjalan dengan lancar.

5. Memperbaiki Bacaan Al Qur’an (Tahsin)

Jangan menghafal Al Qur’an sebelum bacaan kita benar secara tajwid dan makhorjul huruf. Menghafal bacaan yang salah akan lebih sulit dibetulkan jika sudah melekat di ingatan.

6. Menggunakan Satu Jenis Mushaf

Jangan ganti-ganti mushaf untuk menghafal Al Qur’an, gunakan Al Qur’an pojok yaitu Al Qur’an yang dalam satu halaman berisi 15 haris atau satu juznya terdiri dari 20 halaman atau 10 lembar.

7. Sering Murojaah dan Menyetorkan Hafalan

Menghafal tanpa murojaah adalah percuma, ayat-ayat quran yang sudah dihafal akan mudah hilang dan terlupa begitu saja jika tidak diulang (murojaah). Dan setorkan hafalan kita pada guru yang bersanad agar dapat dikoreksi jika masih ada kesalahan.

8. Pasang Target Menghafal

Pada dasarnya manusia itu akan sulit terpacu jika tidak ada target. Pasanglah target sesuai dengan kemampuan kita. Misal hafal satu juz setiap bulan atau agar lebih ringan targetkan dalam sehari kita hafal ½ – 1 halaman Al Qur’an, bisa lebih atau kurang dari itu.

9. Buat Jadwal Harian

Buat jadwal harian, agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia tanpa mengisinya dengan menghafal Al Qur’an. Misal menghafal di waktu ba’da subuh dan murojaah ba’da maghrib.

10. Berteman dengan Orang Sholeh

Lingkungan pertemanan akan sangat mempengaruhi diri kita. Dekati teman-teman satu visi, yaitu yang sama-sama sedang menghafal Al Qur’an. Agar saling memberikan motivasi dan mengingatkan ketika kita lalai.

11. Bersabar Atas Ujian dalam Menghafal

Tidak ada balasan syurga yang dapat diraih dengan mudah tanpa adanya ujian di dunia. Mengahfal Al Qur’an tentunya pekerjaan yang mulia, oleh karena itu syetan tidak akan menyukai hal ini. Terus berdoa kepada Allah agar dipermudah dalam menjalani proses tersebut.

12. Istiqomah

Berdoalah kepada Allah agar diberi kekuatan untuk bisa istiqomah dalam kebaikan menghafal Al Qur’an. Tidak ada kesuksesan yang diraih selain dibersamai keistiqomahan di dalamnya.

Yuk, semangat menghafal Al Qur’an seperti para santri di TahfidzCilik.com, untuk melihat aktivitas keseharian para santri, silahkan bisa dilihat chanel youtube kami, klik : Vidio Tahfidz Cilik