Indonesia masih cukup berduka sepeninggal ulama kharismatik asal Madinah Syekh Ali Jaber. Semasa hidup, beliau terus memberikan nasihat-nasihat kehidupan bagi para jamaahnya tanpa mengenal lelah.

Untaian kata mutiara yang beliau sampaikan diambil dari segala sudut pandang dan bisa kita jadikan pedoman hidup agar senantiasa berada di jalan Allah. Berikut beberapa nasihat Syekh Ali Jaber :

1. Kebahagiaan itu ibarat kupu-kupu. Jika kau mengejarnya, ia melarikan diri darimu. Tapi jika kau duduk dengan tenang, ia akan turun ke tanganmu. Maka, bersabarlah karena sabar itu membuahkan keindahan.

2. Hidup tidak akan berhenti. Allah SWT akan mengiringinya dengan kelembutan dan rencana-Nya dengan harapan yang baru dan tekad yang tidak pernah hilang.

3. Bila yang ditimpa musibah adalah orang yang kita cintai, maka kita akan mengatakan bahwa itu penghapus dosa. Bila yang ditimpa musibah adalah orang yang kita benci, maka kita akan mengatakan bahwa itu hukuman dari Allah SWT. Berhati-hatilah dari menghukumi takdir Allah SWT sesuai hawa nafsu kita.

4. Jangan memberi tahu siapa pun tentang maksiatmu karena dua sebab: Pertama, karena maksiat bukan untuk dibanggakan. Kedua, karena manusia tidak akan melupakan keburukanmu, walaupun kau telah bertobat.

5. Kaca yang pecah suaranya akan langsung hilang dan meninggalkan serpihannya dan dapat melukai siapapun yang menyentuhnya. Begitu juga perkataan yang melukai hati akan cepat hilang suaranya, tetapi hati yang sudah terluka tidak akan mudah sembuh dalam waktu yang lama.

6. Jika kamu merasa sangat nyaman, aman, dan tanpa rasa takut di kediamanmu, apalagi yang kamu harapkan selain itu, atau kamu ingin mengambil lautan yang penuh dengan harta. Ucapkanlah : Puji dan syukur kepada Allah SWT atas kebahagiaan yang kamu miliki dan akuilah nikmat tersebut dengan pengakuan yang tulus.

7. Jangan menganggap rendah wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk. Barangkali dia punya dua rakaat tahajud di sisi Allah SWT. Sehingga menyebabkan terampuni semua dosanya. Kita tidak tahu apa urusan manusia sama Allah. Masing-masing punya rahasia sama Allah.

8. Hati akan mati tanpa Al Qur’an. Hati akan keras jika tidak diobati dengan Al Qur’an. Hati juga tidak akan bahagia kecuali dengan Al Qur’an. Maka jadikanlah Al Qur’an sahabatmu yang selalu menemani. Sungguh Al Qur’an ini memberi petunjuk ke jalan yang lurus.

Jika kita cermati nasihat Syekh Ali Jaber pada point terakhir tentang Al Qur’an, bisa ambil kesimpulan bahwa lagi-lagi Al Qur’an adalah solusi. Siapa yang ingin hidup tentram dan bahagia, teruslah bersama Al Qur’an. Jika kita dekat dengan Al Qur’an berarti kita dekat dengan Allah. Jika sudah begitu, apa yang kita butuhkan dan kita minta kepada Allah, niscaya cepat dikabulkan.

Kenapa hati bisa tenang ketika dekat dengan Al Qur’an? Karena pada saat itu hati kita dekat dengan Sang Pencipta Hati.

Teruslah kita para orang tua untuk tidak pernah berhenti berjuang menjadikan anak-anak kita sebagai pejuang Al Qur’an, penghafal, dan pengamal Al Qur’an. Sehingga kelak mereka bisa menjadi cahaya di bumi bersama Al Qur’an.