Waktu berbuka puasa adalah moment yang paling dinantikan oleh semua ummat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Waktu yang sudah dinanti ketika menjalankan ibadah puasa mulai dari terbit fajar hingga waktu adzan maghrib dengan menahan diri dari haus dan lapar serta hawa nafsu dan amarah.

Adapun ketika waktu berbuka puasa telah tiba, Rasulullah Saw menganjurkan kita untuk menyegerakan waktu berbuka.

Anjuran tersebut ada pada hadist Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Lalu apa saja keutamaan berbuka puasa di awal waktu ? Berikut penjelasannya.

  1. Menjadi umat yang dicintai di sisi Allah SWT

Riwayat Tirmidzi disebutkan dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.” Hadis riwayat Muslim.

 

  1. Berada dalam kebaikan

Pahala orang yang menyegerakan waktu berbuka adalah datangnya kebaikan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan.”

 

  1. Mengamalkan sunnah

Menyegerakan berbuka puasa berarti mengamalkan sunah. Ketika adzan akan berkumandang, sebaiknya hendaklah udah berada di rumah, atau ditempat yang memudahkan dirinya berbuka puasa.

 

  1. Terhindar dari keburukan

Orang yang menyegerakan berbuka puasa akan terhindar dari keburukan. Jika ia mengakhirkan berbuka puasa, akan mendapat keburukan. Sebagaimana hal tersebut, dikarenakan sedari pagi kita tidak makan dan minum, maka sebaiknya ketika waktu berbuka puasa hendaklah menyegerakan diri untuk makan dan minum.

Dan semua ini kami terapkan kepada para santri Yayasan Qoiman Qurroul Qur’an yang setiap harinya mengadakan buka puasa bersama di pesantren. Adapaun kebersamaan ini selalu kami bangun untuk mempererat jalinan silaturahim antar santri dan para ustadz.

Momen berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu oleh para santri. Keterlibatan mereka dimulai dari mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa, merapikan tempat yang akan dijadikan untuk berbuka, serta membersihkan kembali setelah semuanya selesai.

Terima kasih juga kami selalu haturkan kepada para donatur yang senantiasa bermurah hati memberikan sebagian rizkinya untuk kegiatan kami di pesantren. Semoga Allah membalas segala perbuatan baik para donatur dan memberikan pahala yang berlipat ganda di bulan suci ramadhan ini.