Tentunya Anda sudah sering mendengar istilah sanlat yah? Sanlat atau pesantren kilat biasanya sering dilaksanakan oleh sekolah atau pesantren ketika libur ramadhan tiba. Namun tidak hanya ketika bulan puasa saja, pada saat masa liburan sekolah sanlat pun ramai digelar oleh beberapa sekolah atau pesantren seperti yang dilakukan oleh Pesantren Qoiman Qurroul Qur’an, Cinere – Depok.

Sebenarnya apakah kegiatan sanlat ini begitu penting untuk anak-anak? Jawabannya adalah sangat penting.

Kegiatan keagamaan yang biasanya dilakukan dalam waktu singkat ini biasanya menjadi moment yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua untuk mengikutsertakan anak-anak mereka dalam rangkaian kegiatan positif ini.

Sedikit mengalihkan waktu liburan anak-anak kepada aktivitas yang lebih produktif dan penuh manfaat, sanlat menjadi andalan para orang tua untuk menghindarkan anak dari kecanduan gadget dan tontonan televisi yang tidak bermanfaat untuk sementara waktu.

Materi yang diberikan dalam sanlat biasanya akan mengajarkan anak-anak untuk mengenal Agama Islam secara mendalam. Banyak orang tua yang sudah mulai peduli dengan pendidikan agama anak sejak dini. Untuk itu, biasanya para orang tua mencari informasi seputar pesantren kilat selama liburan.

Lalu, apa saja manfaat sanlat untuk anak-anak? Yuk, simak tiga penjelasan berikut :

  1. Mengamalkan Ajaran Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan diadakannya sanlat, diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah dan pengetahuan keagamaan pada diri anak-anak. Melalui pengetahan ilmu-ilmu keagamaan yang diajarkan oleh para ustadz ketika pesantren kilat, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar anak-anak tentang islam.

Khusus untuk para santri tahfidz Pesantren Qoiman Qurroul Qur’an, diajarkan untuk lebih mendekatkan diri dengan Al Qur’an yaitu dengan mengisi waktu liburan bersama Al Qur’an.

  1. Meningkatkan Pemahaman tentang Ajaran Agama Islam

Manfaat lain dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan pesantren kilat adalah memantapkan pemahaman anak tentang ajaran Agama Islam. Sehingga diharapkan sang anak dapat tumbuh rasa cinta kepada Allah Subhanahu Wa’Taala dan Rasulullah sejak dini. Dengan memupuk rasa cinta terhadap Sang Pencipta, anak-anak senantiasa akan berbuat sesuai dengan ajaran agama dan menjauhi hal-hal yang sudah dilarang.

  1. Memperbaiki Ibadah dan Akhlak

Penanaman akan pentingnya ibadah dan perbaikan akhlak harus dipupuk sejak dini, karena ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak hingga ia besar nanti. Diharapkan anak dapat terus meningkatkan ibadah dan menunjukkan akhlak yang mulia untuk orang-orang di sekitar. Dan untuk para santri penghafal Al Qur’an diharapkan kelak agar terus mengamalkan ajaran Al Qur’an di lingkungan sekitar hingga akhir hayat.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat sanlat untuk anak-anak. Kegiatan sanlat pun tidak harus dilakukan di sekolah. Seperti yang dilakukan oleh Pesantren Qoiman Qurroul Qur’an yang mengadakan sanlat di Puncak, Bogor.

Suasana yang sejuk dan alami, menjadikan para santri lebih antusias dalam belajar dan mengamalkan Al Qur’an. Bertilawah bersama, murojaah bersama, dan menyetor hafalan bersama.

Keindahan alam yang ada di puncak juga dapat menambah takjub para santri atas kebesaran ciptaan Allah Swt yang begitu indah.

Insya allah sanlat berikutnya akan lebih banyak lagi peserta yang ikut dari luar pesantren dan diharapkan dapat menciptakan generasi-generasi qur’ani yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Amin.