Pada usia berapa kita mulai mengajarkan ibadah sholat kepada anak-anak? Empat tahun, lima tahun, atau sepuluh tahun?

Rasulullah SAW sendiri telah beberapa kali menyampaikan mengenai hal ini, kapan waktu yang tepat mengajarkan anak untuk mulai belajar sholat. Sebagaimana dalam hadist  bahwa anak mulai diajarkan sholat pada usia 7 tahun. Jika masih di bawah usia tersebut, dianjurkan memperkenalkannya terlebih dahulu tanpa adanya paksaan untuk melaksanakannya.

Karena pada usia 7 tahun anak sudah mampu membedakan mana yang baik dan tidak. Mana perintah mana hukuman atau disebut dengan istilah mumayyiz. Pada usia tersebut anak sudah bisa berpikir kritis.

Ketika usia 7 tahun, anak sudah bisa dikenalkan dengan bacaan sholat beserta artinya, gerakan-gerakan sholat sehingga anak mampu belajar ibadah dengan baik jika sebelumnya hanya sekedar ikut-ikutan.

Usia 7 tahun yang juga merupakan awal mula usia anak masuk sekolah dasar, dianggap mampu dan paham untuk menerima konskuensi di balik perintah yang ada. Dalam artian, jika melanggar sesuatu dan diberi hukuman, mereka tahu bahwa hukuman tersebut diberikan akibat kesalahan yang dilakukannya.

Namun, ada baiknya sebelum usia 7 tahun kita sebagai orang tua sudah harus mengenalkan kepada anak-anak apa itu ibadah sholat. Bisa mengenalkannya melalui buku bacaan, vidio visual, atau mengikut sertakan mereka untuk mengerjakan sholat jamaah di rumah meski baru sekedar ikut-ikutan.

Sebelum memerintahkan kepada anak untuk rajin beribadah, kita sebagai oang tua juga harus langsung memberinya contoh. Karena 1000 perintah tiada artinya jika dibandingkan dengan 1 perbuatan yang terlihat di depan anak.

Pengenalan ibadah sholat kepada anak bisa dilakukan mulai usia 3 tahun atau bahkan sebelum itu, karena proses ini tidaklah instan. Beri pemahaman kepada mereka kenapa kita harus sholat.

Sehingga pada saat tiba usianya menginjak 7 tahun, mereka sudah siap untuk melaksanakan ibadah sholat dengan baik dan penuh pemahaman. Tidak harus dipaksa, karena hati mereka sudah diajarkan sebelumnya untuk mencintai apa saja yang diperitahkan oleh Allah Swt.

Dari Amr Bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya berkata: “Rasulullah SAW bersabda : “Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya.”

Di antara perintah agama yang disebutkan dalam hadis, ada tiga perintah yaitu perintah melaksanakan sholat, perintah memberikan hukuman bagi pelanggarnya, dan perintah mendidik anak berdsarkan gender atau jenis kelamin.

Karena sholat adalah ibadah utama yang akan dihisab pertama kali di akhirat kelak, maka mengajarkan semua itu membutuhkan waktu yang tidak instan. Perlu kesabaran dan keuletan untuk mengajarkan bagaimana rukun dan syarat sholat itu sendiri.

Mengajarkan sholat kepada anak akan menjadi ladang amal jariyah tersendiri bagi para orang tua, karena sholat merupakan ibadah sepanjang hayat.

Sebagaimana yang diajarkan kepada para santri penghafal quran di Tahfidz Cilik, sholat jamaah menjadi rutinitas utama sebelum menghafal Al Qur’an.