Jam berapakah biasanya kita mandi? Ketika mau beraktivitas dan setelah selesai beraktivitas kah? Atau hanya sebatas ketika merasa gerah dan panas di badan, lalu kita mandi dengan tujuan hanya untuk menyegarkan diri?

Rugi sekali kalau kita mandi hanya untuk tujuan menyegarkan diri. Padahal Rasulullah Saw sendiri sudah mencontohkan kepada kita kapan waktu mandi yang baik dan untuk apa tujuan dari mandi itu sebenarnya. Bukan hanya menyegarkan badan tetapi juga menyehatkan.

Ada salah satu waktu istimewa untuk mandi yang Rasulullah contohkan yakni beberapa saat sebelum waktu fajar atau sekitar pukul 4 pagi. Pada waktu itu air banyak mengandung ozon yang apabila mengenai tubuh kita akan sangat memberikan dampak kesehatan yang cukup baik seperti memperkuat urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Selain itu ada banyak manfaat lainnya ketika kita rutin mandi di waktu sebelum fajar atau sebelum subuh yaitu :

  1. Tidak mudah terkena penyakit a’in (sakit, demam, pilek dan lain sebagainya).
  2. Tidak mudah terkena sihir, guna-guna, santet baik dari jin maupun ulah manusia.
  3. Badan akan sehat selalu.
  4. Wajahnya bercahaya.
  5. Doanya mudah dikabulkan Allah SWT.
  6. Memperkuat daya tahan mata, tidak mudah rabun, dan khasiat lainnya.

Terlepas dari manfaat di atas, perlu kita ketahui ada pula waktu-waktu yang dilarang mandi oleh Rasulullah karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita yaitu :

1. Mandi 30 menit setelah waktu ashar

Pada waktu tersebut kondisi darah dalam tubuh sedang panas, sehingga jika kita memaksakan diri untuk mandi, maka bisa mengakibatkan rasa lelah dan letih yg berlebihan.

2. Mandi setelah maghrib

Mandi pada waktu maghrib antara pukul 18.00 – 19.00 juga dilarang, dikarenakan kondisi jantung kita pada waktu itu sangat melemah. Mandi di waktu ini juga bisa meningkatkan resiko penyakit paru-paru basah.

3. Mandi setelah waktu isya sampai jam 12 malam

Setelah waktu isya, merupakan waktu dimana jantung kita membutuhkan istirahat. Mandi pada saat itu dapat menyebabkan kerusakan jantung jika dilakukan secara terus menerus. Salah satu penyebab penyakit reumatik juga karena mandi pada waktu ini.

Setelah kita ketahui bersama waktu mandi yang dianjurkan dan dilarang dalam islam, yuk mari perbaiki waktu mandi kita agar pola hidup kita lebih sehat terarah sesuai dengan anjuran Rasulullah Saw. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kesehatan dan keberkahan hidup.