Wahai para orang tua, menjadi orang tua pasti memiliki tantangan tersendiri, apalagi dalam menghadapi perkembangan zaman yang begitu pesat seperti di era digital seperti sekarang.

Sayidina Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “Wahai kaum muslim, didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu”

Perubahan zaman akan mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan. Bisa saja sesuatu hal yang istimewa di hari ini, akan berubah menjadi biasa saja pada 5 atau 10 tahun mendatang.

Oleh karena itu kita dituntut untuk menjadi orang tua pembelajar. Tetapi perlu diingat, jika pengetahuan bukan semata-mata terfokus pada dunia saja. Kita juga harus membekali anak-anak kita dengan ilmu agama yang baik agar tidak terbawa arus perubahan zaman.

Jadi bukan hanya anak-anak saja ya yang dituntut untuk belajar, tetapi orang tuanya juga. Karena orang tua adalah guru pertama bagi anaknya.

Di tengah arus globalisasi yang begitu pesat, sebagai orang tua kita harus pandai-pandai memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Sarana internet jika dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi media yang baik untuk belajar baik dari google, youtube, atau sosial media lainnya. Carilah informasi atau artikel yang dapat menambah pengetahuan bagi kita para orang tua.

Misal artikel-artikel seperti parenting, dunia kesehatan, keagamaan, dan lain-lain. Pelajari dengan seksama, ambil yang baik-baik kemudian terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita bersama anak-anak.

Atau bagi orang tua yang ingin belajar membaca Al Qur’an tapi tidak mempunyai banyak waktu, bisa mengikuti pembelajaran secara online namun disarankan tetap punya guru yang bisa bertemu langsung misal seminggu sekali.

Ikuti kajian-kajian keagamaan di lingkungan terdekat meski itu hanya sebulan sekali, kemudian praktikan.

Yuk, tetap semangat menjadi orang tua yang pembelajar.

Bagi yang tinggal di sekitar Cinere Depok, setiap hari Rabu pukul 13.00 – 14.30
kami mengadakan kajian mingguan bersama Ustad Sodik untuk kajian Fiqih dan Ustad Munir untuk kajian Tahsin

Terbuka untuk umum yah, silahkan datang ke YAYASAN QOIMAN QURROUL QURAN (3Q), Jl. Cinere Raya Gg Musholla No.23 Rt 04/01 Cinere Depok 16514