Lemahnya iman mempunyai beberapa sebab yang cukup banyak jumlah dan jenisnya, di antaranya ada yang terpadu dengan beberapa ciri. Penyebab lemahnya iman harus kita ketahui untuk menghindarinya.

Atau mungkin jangan-jangan kita sedang mengalami lemahnya iman tanpa disadari?

Berikut ini beberapa penyebab lemahnya iman seseorang.

1. Menjauhi lingkungan yang lekat dengan keimanan hingga jangka waktu yang lama

Contohnya adalah kita meninggalkan lingkungan atau teman-teman yang berjuang di jalan Allah untuk waktu yang lama karena sebuah perjalanan atau sebuah tugas.

Inilah yang akan membuat iman kita mengendor, karena jauh dari orang-orang yang selalu mengingat Allah. Tentu saja hal ini menyebabkan lemahnya iman. Dan Allah telah berfirman,

“Belumkah datang waktu bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang telah sebelumnya diturunkan Al-Kitab kepdanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan, kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasih.”(Al-Hadid : 16)

2. Menjauhi Teladan yang baik 

Seseorang yang berguru kepada orang yang shalih, maka dia bisa memadukan ilmu yang bermanfaat, amal yang shalih dan iman yang kuat. Dia bisa berkolusi dan menyerap ilmu, akhlak dan keutamaan-keutamaan gurunya. Andaikata dia menjauhinya hingga sekian lama, dia pun akan merasakan kekerasan di dalam hatinya.

3. Tidak mencari ilmu

Berbagai buku dan kitab yang bisa membangkitkan iman di dalam hati pembacanya, menggerakkan benih-benih iman yang tersembunyi di dalam hatinya.

4. Berada dalam lingkungan yang banyak maksiat

Lingkungan akan sangat berpengaruh kepada kepribadian kita. Maka pilihlah lingkungan yang mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kita harus jeli memilih lingkungan pertemanan yang sama-sama mengingatkan kita kepada kehidupan di akhirat kelak.  

5. Tenggelam dalam kesibukkan duniawi.

Sehingga hati manusia menjadi hamba keduniaan tersebut. Dalam hal ini Rasululah ﷺ pernah berkata, “Cukuplah bagi salah seorang di antara kamu selagi dia di dunia hanya seperti bekal orang yang mengadakan perjalanan.” (HR. Ath-Thabrani)

Yuk, terus perkuat iman, cari lingkungan yang bisa selalu mendekatkan diri kita kepada Allah Swt