Sudah tahukah betapa daysatnya sedekah yang dilakukan di bulan ramadhan?

Sedekah merupakan salah satu perwujudan syukur atas karunia Allah SWT yang telah diberikan kepada kita. Bahkan disebutkan pintu surga terbuka bagi orang-orang ikhlas yang memberikan hartanya di jalan Allah maupun kepada sesama yang tengah dalam kesusahan.
Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa membelanjakan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.’ Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sungguh dahsyat manfaat dari bersedekah hingga dijanjikan pintu spesial untuk masuk ke dalam surga Allah. Terlebih sedekah yang dilakukan pada saat bulan ramadhan.

Banyak macam yang bisa kita lakukan dengan bersedekah di bulan ramadhan, bisa sedekah makanan untuk orang-orang yang berbuka puasa atau bisa sedekah dalam bentuk lain. Apa saja keutaman sedekah di bulan ramadhan?

1. Mendapatkan pahala orang berpuasa

Bersedekah saat bulan Ramadan bisa dilakukan dengan memberi makan orang berbuka. Ganjaran pahala yang akan didapatkan yaitu setara dengan pahala orang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sendiri.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Tirmidzi no. 807.)

2. Hal yang diutamakan saat bulan Ramadan

Lalu keutamaan bersedekah yang kedua merupakan salah satu hal yang diutamakan saat bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda:

Sedekah yang paling afdhal adalah yang diberikan di bulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

3. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Sedekah merupakan salah satu amalan sunah dan suatu kebaikan. Dengan bersedekah khususnya di bulan Ramadan, Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda.

Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim).

4. Dibebaskan dari siksa kubur

Keutamaan bersedekah lainnya adalah dibebaskan dari siksa kubur. Dengan bersedekah, niscaya kita akan selamat dari api kubur.

Nabi Muhammad SAW bersabda terkait hal ini, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

5. Pahala sedekah terus berkembang dan membesar

Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud.” (HR. At-Tirmidzi 662)

Itulah beberapa keutamaan sedekah di bulan Ramadan. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan semangat untuk berbagi kepada sesama demi mendapat kebaikan yang berlimpah di bulan suci Ramadan ini.

Atau bisa juga selama ramadhan, sedekah Anda juga bisa disalurkan untuk para santri penghafal Al Qur’an sepert slide di bawah ini :