Berenang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, sebagaimana yang disampaikan dalam hadits.

Rasulullah S.A.W. bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (Riwayat sahih Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Renang merupakan olahraga yang digemari banyak orang karena menyehatkan dan menyenangkan. Selain itu, banyak manfaat kesehatan yang kita dapatkan dari olahraga yang satu ini. Kenapa rasulullah menganjurkan kita untuk berenang? Selain bisa dikerjakan oleh semua usia, olah raga renang juga memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya.

  1. Saat berenang, hampir semua otot dalam tubuh kita terlibat. Itulah mengapa jika kita rajin melakukan olahraga ini, bisa menyebabkan badan kita bertambah tinggi bagi yang masih dalam masa pertumbuhan. Tangan dan kaki menjadi lebih kuat karena sering menahan tekanan air.
  2. Dengan berenang, dapat membantu memperkuat ketahanan jantung dan paru-paru. Bahkan, beberapa dokter menganjurkan para pasiennya yang mempunyai masalah pada jantung dan paru-paru agar sering berenang untuk membantu memulihkan kesehatan mereka kembali.
  3. Berenang juga membantu membakar banyak kalori, sehingga cocok dilakukan bagi mereka yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal.
  4. Selain dari segi fisik, dengan berenang dapat menjadikan jiwa kita mejadi tenang dan melatih pikiran untuk tetap fokus. Para ahli banyak menyarankan ketika pikiran kita stress, cobalah untuk berenang karena dengan memasukkan seluruh badan ke dalam air dapat memperlancar peredaran darah yang dapat menyebabkan ketenangan pikiran.

 

Ada penelitian lain berdasarkaan proyek Inggris yang disebut Blue Gym menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah pantai biasanya lebih bahagia dan sehat.

Tak heran jika akhirnya banyak orang yang berusaha menciptakan lingkungan ‘air’ sendiri di tempat tinggalnya. Ketika tak mampu tinggal di dekat sumber air alami, mereka pun memilih untuk membuat berbagai sumber air, seperti kolam renang, kolam ikan, dan lainnya.

“Ketika Anda bertanya pada orang untuk menjelaskan bagaimana perasaan (saat di dekat air), pasti akan sangat sulit untuk mereka menjelaskan dibanding mengatakan bahwa mereka menyukainya, membutuhkannya, dan rela membayar mahal untuk itu,” kata Nichols dikutip dari Conde Nast Traveler.

Oleh karenanya, para santri penghafal Qur’an Yayasan Qoiman Qurroul Qur’an dibiasakan melakukan olahraga renang agar badan tetap sehat, jiwa mereka tenang, sehingga proses menghafal al Qur’an pun menjadi lancar.

Yang belum terbiasa berenang, yuk latihan. Jadikan kebiasaan berenang sebagai agenda pola hidup sehat. Karena di setiap badan yang sehat, terkandung jiwa yang kuat, dengan begitu ibadah apapun yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar.