Kemeriahan Bazar Kampung Ramadhan yang diadakan oleh para santri dari Kampoeng Tahfidz Cilik menambah semarak datangnya bulan suci ramadhan.

Kegiatan tahunan yang diadakan di halaman Pesantren Yayasan Qoiman Qurroul Qur’an Cinere, Depok ini melibatkan banyak pihak.

Peran serta masyarakat dalam memeriahkan bulan suci ramadhan, juga diikuti dengan keterlibatan mereka dalam kegiatan ini. Ada yang berjualan baju, jilbab, makanan takjil untuk berbuka puasa dan lain sebagainya.

Banyak makna dan tujuan dengan diadakannya Bazar Kampung Ramadhan. Selain melatih jiwa para santri untuk lebih banyak bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, kemandirian para santri pun diuji melalui acara ini.

Masing-masing santri diberi tugas yang berbeda, ada yang bertugas membersihkan lokasi bazar sebelum dimulai. Ada juga yang bertugas menata stand atau lapak untuk para penjual, ada pula santri yang ditugasi langsung untuk mencari para tenant atau mitra yang ingin menjual produknya di acara bazar tersebut.

Dengan adanya acara bazar seperti ini, para ustadz dan ustadzah pun memberikan pemahaman kepada para santri bahwasanya untuk mewujudkan suatu event yang berkesan, diperlukan kerjasama yang solid serta kesabaran dan ketelitian dalam menjalani setiap prosesnya, semangat yang terus dijaga sehingga acara bazar dapat berjalan dengan lancar serta memberikan manfaat yang bernilai baik untuk masyarakat maupun bagi para santri.

Kemandirian dan kedisiplinan sudah harus dilatih sejak usia dini, inilah salah satu nilai plus yang didapat para santri jika belajar di pesantren ini.

Selain menghafal qur’an, belajar bahasa arab, bahasa inggris, akhlak dan jiwa sosial para santri terus dilatih agar ke depannya mereka dapat membawa diri ke masyarakat dengan baik dan benar.