Sehat itu mahal, begitulah istilah yang sering kita dengar. Padahal kalau kita istiqomah menjaganya, kesehatan adalah hal yang murah. Kita membayar mahal untuk mengobati suatu penyakit, akibat dari kelalaian kita sendiri.

Bila sedang sehat sering kali kita lupa akan kuasa Allah, terlebih ketika sakit yang diingat pertama adalah obat, dokter, dan upaya-upaya manusia lainnya agar segera sembuh.

Tidakkah kita berpikir sejenak ketika ditimpa rasa sakit, hal yang pertama dilakukan adalah instropeksi diri dengan berisitghfar. Ada salah apa diri ini hingga Allah berikan rasa sakit untuk kita. Ada dosa apa hingga Allah gugurkan dengan cara mencabut sedikit nikmat kesehatan kita?

Padahal islam telah mengatur sedemikian rupa tata cara agar kita bisa hidup sehat melalui cara-cara yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Karen kesehatan tidak hanya mencakup wilayah fisik saja, melainkan juga kesehatan ruhani yang sering dilalaikan oleh kita.

Tubuh manusia bagaikan komputer yang memiliki dua komponen penting yaitu software dan hardware. Software adalah unsur ruhani yang tak terlihat, sedangkan hardware adalah unsur fisik yang terlihat. Apabila salah satu di antaranya ada yang bermasalah, tentu akan berakibat rasa tidak nyaman untuk semuanya.

Seringkali penyakit fisik yang muncul dalam tubuh manusia yang menjadi faktor penyebabnya adalah dari hati yang tidak sehat (penyakit hati).

Ketika seseorang mampu menjaga kesehatan ruhaninya, maka kesehatan jasmaninya pun juga ikut terjaga. Contoh nyatanya adalah Rasulullah Saw, beliau adalah manusia paling sehat di dunia, tidak heran karena kesehatan ruhani beliau sangat bagus. Ibadahnya beliau begitu luar biasa, syariat Allah beliau jalankan dengan penuh keikhlasan dan kesempurnaan.

Jika kita ingin hidup sehat, contohlah bagaimana beliau beraktivitas, bagaimana pola makannya, pola tidurnya, dan olahraganya.

Kunci terbaik untuk menjaga kesehatan ruhani adalah dengan menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya. Bahkan gerakan sholat yang dilakukan dengan baik dan benar berefek pada terjaganya kesehatan manusia yang menjalankannya.

Begitu juga ibadah puasa, dimana badan kita diatur sedemikian rupa agar proses pencernaan di dalamnya, dapat berjalan dengan baik sehingga kesehatan kita tetap terjaga dengan berpuasa.

Sholat tahajud yang dilakukan di sepertiga malam dan didahului mandi sebelumnya, dapat membuat tulang-tulang kita tetap kuat. Air yang mengucur dari atas kepala hingga ujung kaki, dapat merontokkan berbagai macam penyakit yang menghinggapi tubuh kita.

Begitu juga dengan badan yang sehat, akan mempermudah manusia dalam melakukan ibadah kepada-Nya. Karena ketika tubuh sakit, banyak rasa tidak nyaman ketika kita sedang melakukan ibadah kepada Allah Swt.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara hidup sehat secara ruhani dan jasmani? Jalankan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Semoga kita senantiasa diberi kesehatan jasmani dan ruhani. Amin