Anak Kecil Bisa Puasa?

Bisa dong, kalau datih sejak dini. Yuk Coba😊

Ketika bulan puasa telah dekat, apakah anak Anda sudah melontarkan pertanyaan mengenai puasa yang sering ia lihat di televisi?

Selain terpapar iklan di televisi, anak akan mengamati perubahan perilaku orang tuanya yang berpuasa, setidaknya dalam hal makan dan minum. Ibadah puasa tentu tidak mudah dilakukan, apalagi bagi anak yang pertama kali melakukannya.

Lalu bagaimana cara melatih anak berpuasa?

Yuk ikuti tips berikut ini.

1.Menceritakan Makna Puasa

Anda sebagai orang tua bisa menceritakan kepada anak tentang makna puasa yang dikemas dengan cerita menarik semisal menceritakan pengalaman Anda sebagai orang tua berpuasa semasa kecil dahulu.

2.Menjelaskan Pengertian Puasa

Anda bisa menggunakan kalimat sederhana saat menjelaskan apa itu pengertian puasa. Yaitu tidak makan dan tidak minum setelah sahur sampai waktunya berbuka pada waktu adzan Maghrib. Jadi anak bisa membayangkan bagaimana keadaan di rumah ketika berpuasa.

3.Mengajak Anak Berpuasa

Setelah Anda menjelaskan apa itu pengertian dan makna puasa, jadikan puasa menjadi hal yang menyenangkan bagi anak yang pertama kali berpuasa.

Dengan cara mengajak puasa, bukan memerintahkan. Dan jangan lupa beri apresiasi ketika si kecil berhasil puasa walaupun belum mencapai 1 hari penuh, ya.

Nah itulah beberapa cara melatih anak untuk berpuasa.

Bagaimana? Sudah siap mengajak si kecil berpuasa?😊