Era pandemi yang sedang Allah berikan pada kita entah kapan akan berakhir. Hari demi hari berlalu, namun masa pandemi masih saja bertamu. Yah bertamu, mudah-mudahan hanya datang lalu segera pergi. Agar kita bisa hidup normal kembali tanpa rasa was-was di hati.

Berbagai perubahan kebiasaan banyak terjadi semenjak pandemi, diikuti dengan perilaku manusia. Berbagai sekolah menerapkan pembelajaran secara daring atau online melalui zoom. Hal yang sebelumnya mungkin asing menurut sebagian pihak. Mau tidak mau, para siswa pun mengikuti aturan baru yang belaku. Belajar secara online, bertatap muka dengan teman atau guru juga dilakukan hanya dari rumah melalui handphone.

Padatnya jadwal belajar sekolah di depan kamera (baca zoom) tak sedikit yang membuat para siswa dan orang tuanya menjadi bosan, jenuh, bahkan stress. Bagi sekolah-sekolah umum yang tidak menjadikan Al Qur’an sebagai salah satu mata pelajarannya, bisa jadi hal ini makin menjauhkan interaksi para siswa dengan Al Qur’an. Karena mungkin sebelumnya mereka mengaji atau belajar Al Qur’an secara langsung kepada guru di sekitar tempat tinggal mereka, yang ketika datang masa pandemi tidak membuat program belajar Al Qur’an secara online karena keterbatasan fasilitas.

Rasa jenuh yang menghampiri, sering kali dilampiaskan para siswa Dengan bermain game online, atau bermain fitur lainnya yang ada di di gadget. Seharusnya hal tersebut segera disadari oleh para orang tua, bahwa sebenarnya masih banyak aktivitas yang lebih bemanfaat dari itu. Misalnya adalah mengaji secara online.

Untuk membuat waktu tetap produktif, manfaat, dan barokah di masa pandemi, beberapa lembaga dan pesantren mengadakan program mengaji secara online. Seperti belajar tahsin dan tahfidz Al Qur’an melalui zoom. Itulah salah satu hikmah dengan adanya pandemi ini. Kajian-kajian pun diadakan secara online dan justru dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Jika kita sebagai orang tua ingin mengarahkan anak-anak kepada hal-hal yang lebih positif, salah satu caranya dengan mengikutsertakan mereka ke kajian-kajian online atau mengaji secara online.

Sering mendengarkan tilawah secara online di chanel youtube kami juga bisa menjadi alternatif tersendiri. Banyak pelajaran-pelajaran tentang Al Qur’an di dalamnya. Suara-suara merdu dari para hafidz cilik dalam melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, bisa dijadikan tauladan yang baik untuk anak-anak kita di rumah daripada hanya sekedar bermain game yang jauh dari manfaat.

Kita sebagai orang tua, yuk sama-sama instropeksi diri, sudahkah kita mengambil hikmah atas pandemi ini dan memanfaatkannya menjadi suatu ladang pahala?

Yuk, belajar Al Qur’an bersama para santri tahfidz di Pesantren Qoiman Qurroul Qur’an melalui chanel youtube kami.

Jangan lupa like dan subscribe, yah. Klik 👉 Youtube Kampoeng Tahfidz Cilik