Kita hidup di akhir zaman, hingga tiba waktunya akan terjadi huru hara akhir zaman yang berdampak sangat buruk bagi kehidupan manusia. Lalu, apa sajakah hal-hal yang harus kita persiapkan untuk menghadapi semua itu?

Apakah harta melimpah saja cukup untuk bertahan di masa sulit kelak, dimana kezaliman dan berbagai kemungkaran merajalela. Yang kaya akan semakin kaya dan miskin pun akan semakin miskin. Seseorang akan mudah sekali melakukan perampokan dan pembunuhan demi bisa bertahan hidup, seperti yang sudah dijelaskan dalam hadits Nabi :

Dari Abdullah bin Mas’ud dan Abu Musa Al-Asy’ari bahwasannya Rasulullah bersabda,

“Sesungguhnya menjelang terjadinya kiamat akan ada hari-hari di mana kebodohan menjadi-jadi, ilmu syariat diangkat dan terjadi banyak harj. Harj adalah pembunuhan.” (HR. Bukhari)

Lalu, apakah persiapan yang harus segera kita lakukan sekarang?

Persiapan pertama yang wajib kita miliki sekarang ini adalah ILMU dan IMAN. Ilmu yang harus kita pelajari tentulah tentang seluk beluk fitnah akhir zaman. Bisa dibayangkan, bagaimana kita bisa menghadapi dengan tegar berbagai ujian dan cobaan akhir zaman jika kita tidak memiliki ilmunya. Jangan sampai kita terombang-ambing oleh keadaan yang makin tak menentu di akhir zaman.

Nah, berikut ini ilmu yang harus kita pelajari untuk menyambut akhir zaman :

  1. Ilmu Aqidah dan tauhid yang benar sesuai dengan generasi salafus shalih atau generasi orang-orang terdahulu, yaitu Rasulullah, para sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in. Hanya dengan iman dan tauhid yang lurus itulah kita akan terselamatkan dari fitnah dajjal. Ketika iman dan tauhid kita masih bengkok, maka kita tidak akan selamat dari fitnah akhir zaman.
  2. Pahami karakteristisk musuh-musuh islam dan pastikan kita tidak termasuk di antara mereka.
  3. Wajib memahami karakteristik firqatun naajiyah (golongan yang selamat) dan pastikan kita termasuk dalam kriterianya.

 

Persiapan kedua adalah persiapan materi. Materi memang tidak terlalu penting, namun tidak ada salahnya jika kita mulai mempersiapkannya, karena dengan materi kita bisa meningkatkan amal.

Bicara mengenai materi, ternyata pada fase keempat nanti saat kita akan melalui zaman tanpa teknologi sehingga hidup akan semakin sulit karena gelap tanpa listrik dan krisis makanan yang diakibatkan Dukhan.

Oleh karena itu, yang bisa kita siapkan dari sekarang ini adalah :

  1. Rasulullah menganjurkan kita untuk menanam pohon kurma dan menyimpan stok kurma yang masih ada tangkainya sebanyak-banyaknya di rumah-rumah kita. Kenapa harus kurma? Karena pohon kurma merupakan tanaman yang akan bertahan hidup meskipun terjadi dukhan. Sementara itu hampir semua tanaman mati.

“Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanamnya sebelum terjadinya kiamat maka hendaklah dia menanamnya.” (HR. Imam Ahmad)

  1. Membuat sumur-sumur manual di rumah

Matinya teknologi membuat pompa air dan segala peralatan berbau teknologi tidak bisa berfungsi. Untuk itu, disarankan membuat sumur-sumur manual agar kita tidak mengalami kesulitan air.

  1. Menyiapkan dinar dan dirham

Runtuhnya system perbankan akan membuat uang kertas tidak akan berfungsi lagi dan kita akan kembali menggunakan dinar dan dirham. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai mengemaskan uang kertas kita dan menjadikannya dirham.

“Akan datang suatu jaman kepada manusia. Barangsiapa yang tidak mempunyai uang kuning (Dinar) dan juga uang putih (Dirham), maka tidak akan mendapatkan kemudahan dalam kehidupan.” (HR. Ath-Thabrani)

“Akan datang kepada manusia, suatu masa yang mana tidak bermanfaat di masa itu kecuali Dinar dan Dirham.”  (HR. Ahmad)

  1. Menyiapkan alat-alat rumah tangga manual

Seperti dijelaskan di atas, matinya teknologi membuat kita hidup sebagaimana orang dahulu maka dari itu siapkan alat-alat rumah tangga manual seperti kompor manual, korek api, lilin, lampu tempel, minyak tanah.

  1. Menyiapkan alat-alat surviver manual

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kelak, yang jelas kita harus mempersiapkan alat-alat survival manual seperti : berbagai macam tali dan tenda.

  1. Masker dan kacamata renang

Bencana Dukhan merupakan bencana dengan asap hitam yang tebal dan pekat. Oleh karena itu, pastikan kita mempersiapkan alat-alat untuk melindungi tubuh dari paparan zat-zat berbahaya.

  1. Senjata manual dan baju anti senjata tajam

Banyaknya kejahatan di masa itu, sehingga kita wajib menyediakan senjata manual dan juga baju anti senjata tajam untuk melindungi diri.

  1. Alat thibbun nabawi

Pengobatan manual juga dibutuhkan, karena tidak ada lagi rumah sakit yang beroperasi sehingga kita wajib menguasai pengobatan thibbun nabawi seperti bekam dan semacamnya.

 

Ketika sudha mendapatkan info resmi bahwa tidak lama lagi aka nada meteor yang menabrak bumi dan sudah ada gonjang-ganjing di Arab Saudi, maka segera siapkan beberapa hal ini :

  1. Hijrah ke pedesaan, karena orang yang paling menderita ketika terjadi dukhan adalah orang-orang yang berada di perkotaan.
  2. Membentuk komunitas, misalnya menyiapkan satu lahan dimana berkumpul orang-orang beriman yang saling melindungi satu sama lain. Karena banyaknya kejahatan, bahkan disebutkan tetangga akan tega mendatangi tetangga lain untuk saling bunuh-membunuh demi memperoleh makanan. Jika Anda memiliki tetangga orang beriman, maka hal ini bisa diminimalisir.
  3. Segera jual aset-aset berbasis teknologi dan beralih dengan membeli dinar dan dirham atau emas.

 

Semoga dengan memahami hal-hal penting yang harus dipersiapkan untuk menghadapi akhir zaman seperti yang sudah diinformasikan  di atas, kita lebih semangat lagi dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Taála. Semoga Allah menjaga dan menguatkan kita dalam menghadapi masa-masa sulit di akhir zaman kelak dan semoga Allah selamatkan kita dari fitnah-fitnah akhir zaman. Amin