Manusia memang tempatnya khilaf dan dosa, tetapi jika dosa yang dilakukan secara sengaja berulang-ulang, bisa jadi murka Allah yang akan didapat. Lama kelamaan tumpukan dosa-dosa tersebut, jika kita tidak segera bertaubat akan membuat hati menjadi gelap dan keras.

Lalu apa yang dapat kita lakukan agar taubat kita sempurna dan diterima Allah Swt?

1. Sholat sunnah taubat

Jangan pernah berputus asa terhadap rahmat Allah. Seseorang yang telah berbuat dosa, selama itu bukan menyekutukan Allah, insya Allah masih mendapat ampunan Allah. Rahmat Allah lebih luas daripada ketetapan-Nya. Misal kita sudah ditetapkan oleh Allah sebagi manusia yang mendapatkan banyak dosa karena maksiat yang kita lakukan sendiri. Namun karena kita bertaubat, maka Allah pun akan mengampuni kita. Salah satu caranya dengan melakukan sholat sunnah taubat.

 

Niat sholat sunnah taubat

 

2. Istighfar

Segera memohon ampunan Allah Swt ketika kita melakukan kesalahan baik kepada Allah maupun sesama manusia. Bila kesalahan yang kita lakukan terhadap Allah, cukup meminta maaf kepada Allah. Namun jika kesalahan yang kita lakukan terhadap sesama manusia, makan kita juga harus meminta maaf kepada manusia yang telah kita dzolimi.

Beristighfarlah sebanyak mungkin sampai tak terasa air mata kita menetes karena penyesalan atas dosa yang telah kita lakukan

 

Adapun istighfar lebih afdhol dibaca adalah sayyidul istighfar, berikut lafadznya

 

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُك

وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ

أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ

وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ

فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji –Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.” (HR. Bukhari).

3. Berjanji tidak mengulanginya lagi

Tidak hanya secara ritual yang kita lakukan untuk bertobat namun juga harus diiringi perbuatan. Kuatkan tekad di hati bahwa kita tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi. Berjanjilah pada diri sendiri dan kepada Allah bahwa jangan sampai kita terjerumus lagi kepada hal-hal mengundang murka Allah.

 

4. Perbanyak berbuat kebaikan

Setelah itu, perbanyaklah berbuat kebaikan sebagai upaya pengganti perbuatan-perbuatan buruk yang pernah kita lakukan.

Karena perbuatan-perbuatan baik yang kita lakukan lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang baik hingga akhir hayat dan bisa menjadi sebab kita diwafatkan dalam keadaan baik pula yakni husnul khotimah. 

Yuk, segera bertaubat kepada Allah jika kita melakukan perbuatan dosa. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang diterima taubatnya sehingga kelak dimasukkan Allah ke dalam surga-Nya. Amin.