Tahukah Anda banyak buah-buahan yang disebutkan di dalam Al Qur’an dan bisa menyehatkan serta mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh manusia?

Tidak hanya dalam Al Qur’an, Nabi Muhamma Saw juga sering kali menyebutkan beberapa buah dalam beberapa riwayat yang disampaikannya.

Makanan-makanan tersebut pastinya halal dan toyyib, di akhir zaman seperti sekarang kita harus lebih waspada dalam memilah-milah mana makanan yang baik dan halal serta mana makanan yang hanya halal tapi tidak baik atau baik tetapi tidak halal.

Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, harus betul-betul diperhatikan, semua bertujuan agar tetap terjaganya asupan yang masuk sebagai sarana menjaga kekhusyukan kita beribadah kepada Allah Swt.

Al-Quran dan hadits adalah pedoman hidup bagi umat Islam. Meyakini akan kebenaran dari Al-Quran dan hadist adalah wujud iman seorang mu’min, termasuk dengan khasiat makanan dan minuman yang disebutkan di keduanya.

Yuk simak penjelasan apa saja buah-buahan yang dibahas oleh Al Qur’an dan hadist.

  1. Biji Sawi

“(Luqman berkata): Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” Q.S Luqman 31:16.

Maraknya pengobatan herbal akhir-akhir ini, salah satunya adalah dengan menggunakan biji sawi yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti rematik, mengatasi kram, dan meredakan migrain serta vertigo. Selain itu biji sawi juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati epilepsi, gigitan ular, dan sakit gigi.

  1. Biji Jintan Hitam

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jinten hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. al Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Adapun khasiat jintan hitam untuk pengobatan dan menjaga kesehatan adalah sebagai berikut:

Jintan hitam dapat dijadikan suplemen gizi karena kelengkapan kandungan di dalamnya seperti betakaroten atau provitamin-A, zat besi, potassium dan sodium yang dapat berfungsi sebagai kofakor yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik dikonsumsi untuk orang yang mengalami gangguan fungsi kekebalan tubuh, cocok dikonsumsi anak-anak agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Selain itu, jinten hitam juga diketahui dapat mengobati penyakit asma dan alergi tanpa efek samping dengan cara mencampurnya bersama satu sendok madu yang diminum bersama air hangat dan baik diminum di pagi hari sebelum atau sesudah makan.

Kandungan asam lemak yang terdapat pada jinten hitam juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, dapat memberi stimulasi tubuh yang dapat meningkatkan produktivitas sumsus tulang dan produksi interferon.

  1. Buah Tin

Buah tin yang disebutkan dalam dalam Al Qur’an ternyata mempunyai banyak kandungan seperti unsur gula yang sangat tinggi dan juga mengandung garam utama, seperti kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan K.

Buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti menghentikan pendarahan, mengobati bisul, melancarkan haid, memperlancar kencing dan ASI, mengobati usus dan lambung serta susah buang air besar.

Dikarenakan kandungan gula yang tinggi, buah tin dihindarkan kepada penderita diabetes dan kolestrol, cocoknya buah tin memang untuk orang yang tidak menderita suatu penyakit dan untuk anak-anak sebagai penunjang pertumbuhannya.

  1. Buah Zaitun

Berikutnya makanan yang disebut dalam Al-Quran adalah zaitun. Disebut dalam Al-Quran surat An Nahl 11 yang artinya.

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Bagian dari buah zaitun yang banyak diambil manfaatnya adalah dari kandungan minyaknya dan bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit, menjaga kesehatan usus, mencegah cacingan pada anak, mecegah percepatan osteoporosis dan jika dikonsumsi oleh anak-anak dapat mempercepat dan menguatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

  1. Kurma

Sudah tidak bisa diragukan lagi, kurma merupakan salah satu makanan terbaik sepanjang zaman. Buah Kurma disebut dalam Al-Quran beberapa kali, selain seperti dalam surat An Nahl diatas, kurma juga disebut dalam Al Qur’an di beberapa surat lainnya.

Sudah merupakan rahasia umum, kurma mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan yaitu dapat mencegah darah tinggi dan stroke, mengendalikan tekanan darah, menambah tenaga, menurunkan kolestrol, mencegaah diare, dan radang tenggorokan.

Kurma juga sangat cocok untuk ibu hamil, dan bisa dijadikan sebagai manakan penunjang jika ibu hamil merasa mual dan sulit mengkonsumsi makanan lainnya.

  1. Delima

Buah Delima merupakan buah yang disebut dalam Al-Quran surat Ar-Rahman yang berbunyi:

Pada keduanya juga terdapat buah-buahan, serta pohon-pohon kurma dan delima,” [Surah Ar-Rahman : ayat 68]

Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan performa pria, seperti menjaga kesehatan perut dan menguatkannya, kerana mempunyai daya cengkeram yang lembut, bermanfaat juga untuk dada, tenggorokan dan paru-paru.

Mampu mengurangi batuk, menambah pengeluaran mani, dan membangkitkan gairah pria. Namun delima tidak bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami demam.

  1. Anggur

Anggur disebut oleh ALLAH dalam Al-Quran di surat An-Nahl ayat 11 yang berbunyi:

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Diketahui, manfaat anggur cukup banyak yaitu sebagai sumber gula darah terbaik, bahan anti mikroba, menjaga kesehatan jantung, melawan radiasi, perlindungan dari kanker kulit dan sebagai perawatan kulit dan wajah.

  1. Mentimun

“Dari sayur-sayurannya, dan mentimunnya, dan bawang putihnya, dan adas (kacang dalnya), serta bawang merahnya ……. ” [Surah Al-Baqarah : ayat 61]

Mentimun memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti meredakan panas dalam, membuang racun, menghilangkan dehidrasi, menyehatkan mata, anti kanker, dan cocok untuk perawatan kulit.

  1. Pisang

Al-Quran juga menyebut pisang sebagai salah satu buah-buahan surga, “Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon-pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya.” (al-Waaqi’ah [56]: 28-33).

Pisang merupakan salah satu buah yang disebut dalam Al-Al-Qur`an. Bahkan juga disebut pisang sebagai salah satu buah dalam surga. Seperti semua karunia lainnya, buah pisang yang dinikmati para penghuni surga tentu akan jauh lebih sempurna dari pisang yang dapat dibayangkan kini tersedia di dunia. Betapapun, pisang-pisang yang tersedia di surga tidak pernah jadi busuk dan akan memiliki rasa dan wangi yang tidak mungkin kita bayangkan sekarang. Namun, di dunia ini pun Allah sudah menciptakan sejenis buah yang sangat mirip dengan yang ada di surga dan telah menyediakannya untuk kita.

Pisang, buah yang sangat bergizi, terdiri atas air (75%), protein (1.3%) dan lemak (0.6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh. 

Pisang dapat menurunkan tekanan darah dan digunakan untuk penyembuhan beragam alergi. Potassium berfungsi bersama sodium, meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, dan mengatur ekuilibrium air dan detak jantung. 

Pisang kaya vitamin B6, juga memainkan peran penting dalam menggugah reaksi-reaksi unsur kimia dari protein dan asam amino, dan merupakan alat penting untuk menjaga otak berfungsi normal. Unsur-unsur kimiawi ini meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan kimia dalam cairan tubuh, membantu produksi energi, dan memberikan kemampuan bertahan terhadap tekanan (stres).

Karbohidrat dalam pisang berfungsi sebagai enzim penolong dalam proses metabolisme lemak dan protein. Selain itu, pisang menyembuhkan banyak jenis penyakit anemia (kekurangan sel darah merah dalam darah atau dalam kadar hemoglobin penderita).

  1. Semua Jenis Ikan Laut

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Maidah ayat 96 yang berbunyi:

Artinya : “Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.(Q.S. [5] al-Maidah: 96)

Dalam tafsir al-Jalalain dikatakan bahwa yang dimaksud sebagai binatang buruan laut dalam ayat ini adalah semua binatang yang hidup di laut dan tidak termasuk di dalamnya binatang yang hidup di darat dan di laut.

  1. Susu

Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS An Nahl : 66)

Manfaat susu bagi manusia sangat banyak sekali, seperti melancarkan pencernaan dan siklus pembuangan manusia, menunjang pertumbuhan anak, mencegah osteoporosis dan dapat mengatasi beberapa penyakit seperti asma, mudah lelah, dan sering pusing.

  1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum akan khasiat madu. Madu disebut dalam Al-Quran dalam surat An-Nahl yang artinya:

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

Madu dapat bermanfaat sebagai obat batuk dan radang, menjaga fungsi saluran pencernaan, menambah energi, menjaga imunitas tubuh, mengurangi gelaja alergi dan asma, mencegah bakteri, merawat rambut dan kulit serta dapat menurunkan berat badan.

Nah, di atas tadi adalah beragam jenis makanan dan minuman yang secara lansung Allah sebutkan dalam Al-Quran. Semoga bermanfaat, yah.