Tahukah Anda jika dalam hidupnya Raulullah Saw hanya mengalami sakit sebanyak dua kali. Yang pertama ketika beliau diracun oleh wanita yahudi dan yang kedua ketika menjelang wafat.

Semua itu merupakan bukti nyata bahwa Rasulullah adalah orang yang sangat sehat. Bagaimana beliau bisa menjaga kesehatannya sedemikian rupa dan apa saja yang dilakukan sehingga beliau jarang sekali mengalami sakit?

Yuk, simak penjelasan berikut :

1. Rasulullah Tidak Begadang

Rasulullah menganjurkan ummatnya untuk tidak begadang. Hal itu pun beliau contohkan langsung dengan tidak berbincang-bincang setelah waktu isya, kecuali ada keperluan ummat yang benar-benar mendesak. Tidak begadang membuat kita mudah untuk bangun melakukan ibadah sholat malam.

 

2. Rajin Berpuasa Sunnah

Banyak teori kesehatan sekarang yang membuktikan dahsyatnya manfaat berpuasa. Beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, jantung, hipertensi, dan lainnya dapat disembuhkan dengan rutin berpuasa. Pantaslah Rasulullah selalu melakukan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Seperti yang dilakukan oleh para santri Tahfidz Cilik


Buka Puasa Sunnah Senin Kamis Santri Tahfidz Cilik

 

3. Rutin Berbekam

Dijelaskan mengenai pengobatan dengan Hijamah dan dikatan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Aku tidak diperintah oleh para malaikat pada malam Isra kecuali mereka (para malaikat) itu berkata:Kerjakan Hijamah ya Muhammad.” dan mereka (para malaikat) itu juga berkata:perintahkan umatmu berhijamah. Rasulullah bersabda : Hendaklah berhijamah atau berbekam pada tanggal 15, 17, 19 dan 21”. (Ma’rifatu Shahabah dan Mu’jam Kabir At Thabrani).

 

4. Menjaga Pola Makan

Bila ingin sehat, ikuti pola makan Rasulullah seperti berikut. Ketika pagi hari beliau mengkonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli.

Pada saat waktu dhuha yaitu pagi menjelang siang, Rasulullah mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Sedangkan pada saat waktu menjelang sore, beliau mengkonsumsi minyak zaitun dari pohon yang diberkahi.

 

5. Rutin Berolahraga

Selain sehat, Rasulullah adalah manusia yang kuat. Hal ini karena beliau sering berolahraga yang melatih kekuatan fisik seperti berenang, memanah, dan berkuda.

 

6. Tidak Marah

Orang yang sering marah akan membuat hatinya tidak tenang dan itu dapat berakibat buruk pada kesehatan jiwanya. Karena dibalik jiwa yang sehat, ada tubuh yang kuat. Oleh karena itu orang yang jarang marah lebih sehat secara dzahir dan bathin daripada orang yang suka marah-marah.

 

7. Senantiasa Menjaga Kebersihan

Diri Rasulullah yang selalu menjaga kebersihan terlihat dari sunnahnya yang sering dilakukan pada hari Jum’at yaitu memotong kuku dan rambut halus di pipi, memakai minyak wangi, dan bersiwak setiap hari.

 

8. Menjalin Silaturrahim

Sering menjalin dan menjaga silaturrahim menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seseorang yang pada dasarnya adalah makhluk sosial. Bertemu dengan keluarga, kerabat, dan teman-temannya bisa membuat hati menjadi senang. Jika sudah begitu, tentunya kebahagiaan lah yang akan didapat.

Kalau hati sudah bahagia, fisik pun ikut bahagia yaitu tetap sehat dan tidak mudah sakit. Karena kebanyakan dari penyakit fisik itu datang dari pikiran dan hati yang tidak bahagia.

Semoga kita ummatnya bisa mengikuti langkah Rasulullah menjalani pola hidup sehat, yah.