Memiliki anak yang sholeh dan sholehah tentunya menjadi idaman setiap orang tua muslim. Terlebih di zaman sekarang, semakin berkembangnya teknologi tanpa disadari pun ikut merubah pola hidup manusia zaman sekarang. Perubahan zaman tersebut bisa menjadikan manusia menjadi baik atau buruk, semua kembali ke pribadi masing-masing.

Tidak hanya berpengaruh pada orang dewasa, kecepatan perkembangan teknologi pun berdampak pada kehidupan anak-anak. Anak sekarang cenderung lebih suka bermain dengan gadget. Tidak seperti zaman kanak-kanak kita dulu, bermain adalah ajang berkumpul dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Lalu bagaimana agar kecenderungan anak pada gadget beralih kepada hal-hal yang positif?

Misalnya membuat anak-anak lebih mencintai Al Qur’an daripada bermain dengan gadget. Tentu semua itu tergantung kepada para orang tua dalam mendidik mereka. Seharusnya sejak dini, kita lebih dulu mengenalkan Al Qur’an kepada anak-anak daripada memberikan gadget kepada mereka. Lalu apa yang bisa kita lakukan agar anak-anak bisa menyukai kegiatan mengaji atau membaca Al Qur’an sejak dini?

Yuk, simak beberapa tips berikut :

1. Berdoa pada Allah

Doa adalah senjata utama ummat muslim. Mendidik anak bukan perkara mudah jika tanpa campur tangan-Nya, terlebih di akhir zaman seperti sekarang. Kita manusia tidak akan sanggup jika hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri. Allah yang menciptakan anak kita, mintalah pertolongan kepada-Nya agar dipermudah dalam mendidik anak. Jadikan doa sebagai langkah utama, ya.

2. Biasakan Memperdengarkan Bacaan Al Qur’an pada Anak Setiap Hari

Memperdengarkan bacaan Al Qur’an pada anak sebenarnya bisa dilakukan ketika masih dalam kandungan. Ketika anak sudah berusia 2 tahun dan sudah bisa mulai bicara, apa yang dia dengar, perlahan akan ditirunya, meski baru sekedar meniru, tapi lambat laun tanpa sadar ia akan ikut menghafalnya. Perdengarkan sesering mungkin pada setiap kesempatan.

3. Berikan Pemahaman secara Perlahan Mengapa Anak Harus Bisa Membaca Al Qur’an

Berikan pemahaman kepada anak bahwa Al Qur’an adalah kalam Allah, panduan hidup dunia akhirat ummat muslim yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.  Jika kita bisa membaca, memahami, dan mengamalkan isi Al Qur’an, insya Allah hidup kita akan selamat dunia akhirat. Dan orang yang bersama Al Qur’an akan dicintai Allah, kelak di akhirat akan mendapat syafaat Al Qur’an.

4. Kenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak

Kenalkan huruf hijaiyah dengan cara yang unik agar anak tertarik, bisa dengan membuat puzle huruf  hijaiyah atau menggambarnya lalu digunting satu persatu. Setelah itu masing-masing huruf bisa ditempelkan di dinding kamar agar senantiasa dilihat oleh anak. Belajar sambil bermain akan membuat anak tidak cepat bosan. Lama kelamaan anak-anak dapat menghafal seluruh huruf  hijaiyah.

5. Perkenalkan Buku Iqra untuk Membantu Anak agar Lebih Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Sempurna.

Tahap selanjutnya adalah mulai memperkenalkan iqro per jilid kepada anak. Ajari tajwid dan makhorujul huruf yang benar agar anak bisa membedakan mana yang salah dan benar. Arahkan anak agar mengikuti pelafalan yang benar ketika menirukan setiap huruf hijaiyah yang diucapkan oleh orang tuanya. Berikan penghargaan kepada anak setelah ia selesai belajar agar nantinya ia kembali semangat ketika diminta belajar. Dan sebagai orang tua tetaplah bersabar dalam mendampingi anak belajar Al Qur’an, karena ini adalah ladang amal bagi para orang tua.

6. Boleh Membawa Anak Belajar ke TPQ Terdekat

Orang tua adalah guru pertama bagi anak, kalau memang dari orang tua sanggup mengajarkan anak belajar Al Qur’an. Namun tidak ada salahnya jika ia membawanya ke Taman Pendidikan Al Qur’an agar anak makin termotivasi jika melihat teman-temannya juga belajar Al Qur’an. Ini juga bisa menjadikan anak mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Setelah dirasa bekal anak cukup, tak jarang banyak orang tua yang kemudian memasukkan mereka ke pesantren Al Qur’an agar kelak mereka menjadi penghafal Al Qur’an. Salah satu pesantren Al Qur’an yang bisa menerima anak mulai dari usia SD adalah Kampoeng Tahfidz Cilik di bawah Yayasan Qoiman Qurroul Qur’an, berlokasi di Cinere – Depok, Jawa Barat. Untuk melihat berbagai kegiatan santri silahkan bisa ikuti chanel youtube kami klik di sini