Waktu subuh adalah saat yang istimewa, dimana ada ibadah sholat subuh yang jika dikerjakan oleh seorang muslim memiliki keutamaan tersendiri. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah Saw bahwa beliau sampai berdoa, ”Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.” (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Bangun di waktu subuh akan menjadi rintangan tersendiri bagi orang yang tidak terbiasa, oleh karenanya banyak keutamaan yang didapat jika bisa mengerjakan sholat subuh.

Pada hadis lain Rasulullah SAW bersabda, bahwasanya orang yang shalat subuh akan dijamin oleh Allah. ”Siapa yang menunaikan shalat subuh maka ia barada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.” (HR Muslim). 

Jika Allah sudah menjamin, niscaya semua akan menjadi nyata.

Waktu subuh adalah waktu dimana Allah menurunkan ramat-Nya. Salah satu keutamaan yang diberikan Allah untuk orang yang melaksanakan sholat subuh akan mendaptkan pahala yang melebihi keindahan dunia dan seisinya.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist riwayat Imam at-urmuzi: ”Dari Aisyah ra telah bersabda Rasulullah SAW, Dua rakat sholat fajar pahalanya lebih indah dari pada dunia dan isinya.”

Berikut beberapa keutamaan sholat subuh lainnya :

1. Mendapat Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh

Diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan ra berkata; Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa yang shalat isya berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh.” (HR. Muslim)

2. Sumber Cahaya di Hari Kiamat 

Shalat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari kiamat. Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia akan padam. Matahari akan “digulung”. Ibadahlah yang akan menerangi pelakunya.

3. Surga yang Dijanjikan

Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari ra ia berkata Rasulullah SAW bersabda: ”Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.” (HR Al Bukhari). Dua waktu yang dingin itu adalah shalat subuh dan shalat ashar.

4. Melihat Allah 

Mereka yang menjaga shalat subuh dan ashar, dijanjikan kelak di surga akan melihat Allah SWT.

Sebagaimana hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah ra artinya: ”Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ”Sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

5. Berada di Bawah Lindungan Allah SWT

Rasulullah Saw memberi janji, bila shalat Subuh dikerjakan, maka Allah akan melindungi siapa pun yang mengerjakannya seharian penuh.

Hadits yang diriwayatkan dari Jundab bin Sufyan Rasulullah Saw bersabda: ”Barangsiapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barangsiapa yang membunuh orang yang menunaikan shalat subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka. (HR Muslim, at-Tirmizi dan Ibnu Majah). 

Sebagaimana aktivitas yang dilakukan oleh para santri TahfidzCilik.com di waktu subuh, yaitu sholat subuh berjamaah dan setelah itu menyetor hafalan Al Qur’an kepada para ustadznya.

Aktivitas mereka bisa dilihat di : Vidio Tahfidz Cilik