Hari jumat adalah hari raya ummat islam, hari yang memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan hari-hari lain yang Allah ciptakan. Banyak amalan-amalan sunnah yang apabila dilakukan, akan mendatangkan pahala bagi pelakunya. Salah satu amalan di hari jum’at yang lumayan populer adalah membaca surat Al Kahfi.

Ada apa dibalik keistimewaan membaca surat Al Kahfi pada hari jumat? Surat ke-18 dalam Al Quran yang terdiri dari 110 ayat ini mempunyai keutamaan sendiri bagi para pembacanya. Yuk, simak.

 

  1. Disinari terangnya cahaya dari Allah Swt

Orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam jum’at atau hari jum’at, mempunyai keistimewaan tersendiri. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Saw :

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

 

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

 

  1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Bahkan apabila Anda menghafal surat Al Kahfi ayat 1-10, berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).”

 

  1. Diampuni Dosa

Orang-orang yang membaca surat Al Kahfi, akan diampuni dosanya oleh Allah Swt, sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda :

Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.’”

 

  1. Pengingat untuk Hari Kiamat

Keutamaan surat Al Kahfi yang lain yakni sebagai pengingat kita akan datangnya hari kiamat sebagaimana yang terdapat pada ayat ke-47 surat Al Kahfi,

 

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

Artinya: “Dan (ingat lah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau melihat bumi rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.” (QS. Al Kahfi : 47)

Yuk, sekarang kita mulai rajin yah baca surat Al Kahfinya, lebih bagus lagi kalau kita bisa menghafalkannya.

Amin ^_^