Sedekah subuh, apakah Anda sudah sering mengamalkannya? Atau mungkin baru pernah mendengarnya?

Ngomong-ngomong soal sedekah subuh, kenapa termasuk ke dalam amalan yang istimewa?

Sedekah sendiri adalah amalan yang dilakukan untuk membersihkan harta kita, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Namun, ada keutamaan tersendiri jika sedekah dilakukan pada subuh hari.

Lalu apa saja keistimewaan sedekah di waktu subuh dibandingkan di waktu lainnya?

1. Sedekah Subuh Didoakan Malaikat

Sebagaimana yang disampaikan pada hadist berikut :

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

2. Mendapat Balasan yang Berlipat Ganda

Sedekah yang kita keluarkan, akan kembali pada kita dengan hitungan yang berlipat ganda. Hitungan di sini tidak melulu soal harta, bisa berupa kebaikan-kebaikan yang datang dari arah mana saja dan pahala yang berlipat-lipat. Sebagaimana firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 261 :

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّاْئَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَآءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” 

3. Dapat Menghapus Dosa Pengamalnya

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagimana air memadamkan api.” (H.R. Tirmidzi)

Sebagaimana hadist tersebut, jika dosa-dosa kita ingin dihapuskan, yuk rajin-rajin sedekah.

4. Dapat Menolak Bala dan Menghindari Kematian yang Su’ul Khotimah

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi)

Seperti yang Rasulullah sampaikan pada hadist di atas, semua dari kita menginginkan hidup yang tenang, bahagia ,dan terhindar dari hal-hal buruk. Pastinya ingin juga memiliki akhir hayat yang baik, kan? Yuk amalakan sedekah subuh.

Rutinkan sedekah seubuh setiap hari. Agar bisa selalu termotivasi untuk melakukannya, kita bisa menyiapkan celengan kecil atau kencleng sedekah dan mengisinya dengan nominal tertentu tiap subuh hari. Jika sudah banyak, bisa diberikan kepada pihak yang membutuhkan di sekitar tempat tinggal kita.

Atau bisa juga bagi yang mau sedekah subuh langsung via transfer ke Pesantren Tahfidz Qoiman Qurroul Qur’an, bisa loh mulai dari Rp 10.000, amalan sederhana namun istiqomah lebih disukai Allah SWT.

Sudah siap sedekah subuh setiap hari?

Kampoeng Tahfidz Cilik – Yayasan Qoiman Qurroul Quran (3Q)
Jl. Cinere Raya Gg Musholla No.23 Rt 04/01 Cinere Depok 16514

Rekening
Mandiri 1570006494257 a/n Yayasan Qoiman Qurroul Quran
BNI Syariah 0800896845 a/n Yayasan Qoiman Qurroul Quran

Konfirmasi Sedekah :
WA 0852-9100-4874 (Ust. Muhammad Munir)