Mungkin bagi sebagian orang memberi makan kucing adalah hal yang biasa. Namun tahukah Anda jika memberi makan hewan kesayangan nabi ini memberikan manfaat tersendiri bagi pelakunya?
Ini bisa menjadi salah satu amalan kecil dengan pahala besar dalam Islam yang bisa dilakukan secara rutin dan pastinya mengundang keberkahan dari Allah Swt.
Berikut beberapa hikmah dan keberkahan yang kita dapatkan jika sering memberi makanan untuk kucing.  
1 Mendapatkan pahala
Memberi makan kucing terlebih dia adalah hewan kesayangan Rasulullah Saw merupakan suatu perbuatan baik yang mendatangkan pahala karena sama saja kita bersedekah kepada yang membutuhkan, tidak saja kepada manusia melainkan juga pada hewan.
Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam QS Al Baqarah ayat 261:
Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (mereka yang menabur) sebutir benih (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261)
2. Mendapat perlindungan dari Allah Swt
Muslim percaya bahwa mereka akan dilindungi oleh Allah dari api neraka jika mereka melakukan perbuatan baik seperti memberi makan kucing. Ini juga bisa menjadi salah satu cara bagaimana mengajarkan anak Anda tentang nilai-nilai kebaikan dalam Islam.
Hal itu disebutkan dalam QS Al Insan ayat 9-11:
“(Mereka berkata,) “Sesungguhnya kami memberi makan kamu hanya karena keridhaan Allah. Kami tidak mengharapkan balasan dan terima kasih dari Anda. Sesungguhnya kami takut (azab) Tuhan kami pada hari (ketika) orang-orang yang mukanya masam penuh kesusahan.” Maka Allah melindungi mereka dari kejahatan hari itu dan memberi mereka kesenangan dan kegembiraan.” (QS Al Insan: 9-11)
3. Amal shaleh yang diakui oleh Allah
Diakui oleh Allah adalah salah satu manfaat memberi makan kucing karena merupakan salah satu perbuatan baik yang dilakukan oleh umat Islam untuk mencari ridho Allah. Setiap orang beriman percaya bahwa dengan melakukan perbuatan baik setiap hari, akan membuat Allah mengenali mereka.
4. Diselamatkan oleh Allah
Diselamatkan oleh Allah dari sekian banyak siksa neraka adalah salah satu manfaat memberi makan kucing dalam Islam. Muslim percaya bahwa memberi makan kucing dapat disebut sebagai tindakan melakukan perbuatan baik dengan memberi makan kepada makhluk yang yang membutuhkan.