Tahukah kamu bahwa membaca dan menghafal Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan. Dan keutamaan tersebut tidak hanya disebutkan di dalam Al-Qur’an saja, tetapi juga terdapat di dalam hadits Rasulullah Saw. Diantaranya adalah akan mendatangkan ketentraman dan rahmat-Nya, mendapatkan syafaat di hari kiamat, serta memperoleh kebaikan yang berlipat ganda.

Di dalam hadits lain dijelaskan pula bahwa terdapat keistimewaan bagi orangtua yang mendidik anaknya untuk belajar Al-Qur’an yaitu Allah akan memberikan kepadanya mahkota kemuliaan.

Mu’adz bin Anas r.a menyebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka akan dipakaikan kepada kedua orangtuanya mahkota yang sinarnya lebih terang daripada sinar matahari di dunia pada hari kiamat nanti. Kalaulah sekiranya ada bersama kalian, maka apa perkiraan kalian tentang orang yang mengamalkannya?” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Baihaqi dan Hakim)

Tentu sebagai orangtua pasti akan merasa bangga jika memiliki anak yang mampu menghafalkan Al-Qur’an. Namun, mempersiapkan anak agar cerdas menghafal Qur’an tidak hanya membutuhkan lingkungan dan metode yang baik saja selama prosesnya.

Kita sebagai orang tua juga perlu memperhatikan aspek gizi yaitu dengan memberikan makanan yang halal dan baik.

Sebagaimana Rasulullah Saw memperhatikan apa yang dikonsumsinya, yaitu makanan halal dan thayyib. Tidak hanya halal bahannya, tetapi juga cara mendapatkannya. Sedangkan makanan yang tayyib adalah makanan yang baik kandungan nutrisinya untuk tubuh.

Nah, ini dia beberapa makanan pendamping yang bisa diberikan kepada anak selama proses menghafalkan Al-Qur’an:

1. Susu

Susu diberikan di sini bukan lah yang mengandung pemanis maupun yang beraneka rasa, melainkan susu murni tanpa kandungan gula dan rasa apa pun. Susu murni tersebut belum mengalami banyak proses pengawetan, maupun proses penambahan dan pengurangan kandungan nutrisi. Susu murni mengandung protein dengan kualitas terbaik. Fungsi protein adalah sebagai perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh, serta sumber energi yang baik bagi tubuh.

2. Kurma

Kurma merupakan sumber kalium, selain itu juga mengandung nutrisi penting berupa magnesium, tembaga, dan mangan. Rasululullah Saw kerap mengonsumsi kurma, baik kurma kering maupun kurma basah. Anjuran mengonsumsi kurma sudah beberapa kali dijelaskan dalam Al-Qur’an. “Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun.” (QS. Qaaf ayat 10)

3. Madu

Rasulullah Saw setiap hari sebelum sarapan selalu minum madu dicampur dengan segelas air. Istri beliau, Aisyah R.A juga mengatakan bahwa minuman yang paling disukai oleh rasulullah adalah madu. Manfaat madu untuk anak sangatlah penting. Pemberian madu untuk anak setiap hari dapat menurunkan tingkat mordibitas (batuk dan pilek) dan juga mampu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, madu juga mengandung prebiotik yang dapat mengendalikan bakteri jahat tanpa mengganggu bakteri baik.

Sebagaimana mengenai madu yang dijelaskan dalam Al Qur’an

“Kemudian makanlah dari segala macam buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkannya. (QS. An Nahl : 69).”

Itulah 3 makanan pendamping yang bisa diberikan kepada anak. Silakan dipraktikan dan semoga anak-anak Ibu dan Bapak mampu menjadi penghafal Quran, ya.

Alhamdulillah para santri penghafal Al Qur’an di Yayasan Qoiman Qurroul Qur’an juga mengkonsumsi makanan-makanan pendamping tersebut.