Sering bingung kah kita sebagai orang tua dalam mendidik anak-anak? Sampai mencari cara kesana kemari agar bisa mendidik mereka dengan baik, karena terkadang kualahan dengan segala tingkah mereka. Mengikuti kursus pelatihan parenting dan lain sebagainya kita upayakan agar bisa maksimal dalam mendidik anak.

Padahal islam sendiri sudah memberikan ilmu tersendiri perihal mendidik anak, apa saja kah itu?

1. Memperdengarkan Alquran Sejak Lahir

Cara mendidik anak yang pertama sudah dimulai sejak dalam kandungan hingga lahir. Semasa hamil, sebaiknya orang tua bisa memperdengarkan Al Quran baik melalui murottal atau dengan tilawah langsung. Selain membawa ketenangan untuk diri sendiri dan janin di dalam perut, tentunya ada keberkahan tersendiri.

Kemudian setelah bayi lahir, rutinkan setiap hari memperdengarkan kepada mereka bacaan Alquran. Hal ini supaya anak sudah terbiasa dengan lantunan setiap ayat dari firman Allah Swt, apalagi dengan kondisi jiwa anak-anak yang masih suci. Mereka akan mudah menerima itu dengan mudah.

Apabila Anda ingin memiliki anak yang kelak jadi seorang penghafal alquran, salah satu caranya bisa dengan memperdengarkan juz 1 dari sejak lahir hingga usia 30 hari. Kemudian berlanjut juz 2 pada usia bayi 2 bulan, begitu seterusnya hingga selesai juz 30 pada usia 2 setengah tahun.

Hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anak. Ketika mereka sudahmulai  belajar bicara, akan mempermudah Anda dalam mengajarkan isi kandungan Alquran kepada mereka. Tambahan pula dengan menceritakan kisah Islami yang berkaitan dengan Alquran.

2. Mengajarkan Dasar-dasar Islam

Cara mendidik anak menurut Islam selanjutnya dengan mengajarkan dasar-dasar Islam. Dalam kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq, mengatakan mengenai tahap awal mengenalkan anak pada Allah SWT.

Disebutkan bahwa pada usia 3 tahun, ajarkan kalimat Tauhid “LAILA HA ILLALLAH” sebanyak 7 kali. Kemudian saat menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan anak kalimat¬†MUHAMMADAR RASULLULLAH”. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist :

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Lailaha-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya”.¬†(H.R Ibnu Abbas)

3. Memberi Contoh dan Mengajarkan Shalat

Cara mendidik anak menurut Islam berikutnya dengan memberi contoh dan mengajarkan shalat. Sejak balita sudah membiasakan anak untuk mengambil air wudhu dan mengikuti gerakan shalat, meskipun belum benar sama sekali.

Jika anak sudah terbiasa melihat orangtuanya shalat dan meniru setiap gerakannya, kelak akan lebih mudah untuk mengajari mereka.

Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya“. (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Part 2 klik di sini