14. Terapkan Menjaga Kebersihan

“Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan (termasuk kebersihan dan kerapihan)”. (HR. Muslim no. 91).

15. Berlaku Adil pada Setiap Anak

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi Anda tidak perlu menekan salah satu demi atau menonjolkan anak yang lain. Bangkitkan setiap potensi anak sesuai dengan kemampuan dan kemauan mereka.

16. Memberi Kasih Sayang

Memberi kasih sayang pada anak dari dalam kandungan hingga dewasa merupakan bentuk mendidik anak menurut Islam. Kasih sayang dalam bentuk kata-kata, perbuatan, dan tanggung jawab.

17. Mengajarkan Anak Menutup Aurat

Ajarkan anak untuk menutup aurat sejak dini supaya mengenal siapa saja yang bukan mahramnya, serta tanamkan manfaat menutup aurat.

18. Mendidik Perbedaan Laki-laki dan Perempuan

Mulai memisahkan tempat tidur anak Anda untuk memiliki kamar sendiri. Terutama bagi anak laki-laki dan perempuan, kemudian ajarkan mengenai perbedaan di antara keduanya. Hal ini supaya kelak anak Anda mengerti dan memahami hak dan kewajiban dari masing-masing lawan jenis.

19. Mendoakan Anak

Mendoakan anak juga termasuk cara mendidik anak, memberi contoh pada mereka bahwa kasih sayang juga bisa dicurahkan melalui kalimat doa. Tertuang dalam kitab suci al-Quran surah al-Furqon ayat 74 : “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Itulah beberapa cara mendidik anak menurut Islam sesuai ajaran Nabi dan Al-Quran. Semoga bermanfaat yah.