10. Perhatikan Pergaulan Anak

Cara mendidik anak berikutnya dengan memperhatikan dengan siapa saja anak Anda bergaul. Rasulullah bersabda : “Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api“.

Jika anak Anda berteman dengan lingkungan yang positif, tentu akan membawa aura yang baik ke depannya.

11. Menyatukan Ibu dengan Anak

Abu Ayyub mengatakan, bahwa Rasulullah pernah bersabda : “Barang siapa memisahkan antara seorang ibu dan anaknya, niscaya Allah akan memisahkan antara dia dan orang-orang yang dicintainya pada hari kiamat“.

12. Ajarkan Berkata Jujur dan Menepati Janji

Cara mendidik anak menurut Islam berikutnya dengan membiasakan berkata jujur dan bisa menepati janji. Hal ini akan terus tertanam hingga dewasa untuk menjadi pribadi yang baik dunia dan akhirat.

13. Mengajarkan Anak Sedekah dan Berbagi

Islam mengajarkan untuk banyak berbagi, baik dengan orang yang mampu maupun tidak. Rasulullah mengajarkan hal ini berkali-kali, layaknya Utsman bin ‘Affan yang kekayaannya masih terjaga hingga kini, dan diteruskan oleh para keturunnannya.

Janji Allah itu pasti, semakin sering berbagi semakin sering pula Allah membagi Anda, entah dalam bentuk apa dan tidak terduga. Wallahualam.

Part 4 klik di sini