7. Mendidik anak dengan akhlak mulia

Kebaikan seseorang dinilai dari 2 hal yakni agama dan akhlaknya. Sedangkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang akhlaknya paling baik di muka bumi ini. Beliau diutus untuk memperbaiki perilaku manusia. Dan maka itu, beliau selalu mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anaknya, tentang akhlak dalam Islam, cara meningkatkan akhlak, hubungan akhlak dengan iman dalam islam, serta hubungan akhlak dengan iman islam dan ihsan.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.”

8. Mengajarkan cara berpakaian yang sesuai syariat agama

Bagi anak perempuan, Rasul juga memberikan pendidikan tentang bagaimana menjadi muslimah yang baik dengan cara berpakaian secara islami. Yakni mengenakan pakaian longgar dan berjilbab syar’i.

“Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh merek. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Ahzab:59).

Diriwayatkan dari Aisyah ra: bahwa Asma’ binti Abi Bakar menemui Rasulullah SAW dengan kondisi ia berpakaian pendek, aka berpalinglah Rasulullah SAW seraya berkata, “Wahai Asma’, sesungguhnya wanita, apabila telah baligh, tidak pantas terlihat kecuali ini dan ini (beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya).” (HR. Abu Daud)

9. Ajarkan anak untuk mandiri

Mengajarkan anak untuk mandiri adalah cara efektif untuk membimbing seorang anak laki-laki agar mampu mandiri pula dalam bekerja kelak. Jangan sampai anak selalu membanggakan harta orang tuanya hingga kelak ketika istri tidak mengetahui tips mengatur keuangan rumah tangga anak laki-laki yang sudah dididik mandiri itu akan dapat mengatasi hal itu semua jadi tetap dapat mengetahui cara mempertahankan hubungan dalam kehidupan kelak.

10. Berikan anak laki-laki tantangan

Untuk melatih keberanian pada anak, jangan lupa untuk memberi hal-hal yang menantang pada anak itu agar ia juga terlatih mandiri. Agar anak laki-laki tangguh bisa menjalankan kehidupannya tanpa bantuan orang tua atau pun orang lain.

Demikian cara mendidik anak laki-laki sesuai dengan ajaran agama Islam. Semoga kita bisa mendidik anak menuju jannah Allah SWT.