Al Qur’an, yang di dalamnya sudah tidak ada lagi keraguan akan kebenaran yang diturunkan oleh Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw. Merupakan petunjuk yang benar bagi seluruh ummat manusia di dunia. Bahkan hanya dengan mendengarkannya saja menjadikan hati terasa lebih tenang.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan di Kuwait bahwasanya Al Qur’an memberikan dampak psikologis bagi pembacanya. Perubahan secara fisiologis pada sistem saraf dirasakan oleh beberapa orang yang mendengarkan bacaan ayat-ayat Al Qur’an, baik yang memahami bahasa Arab ataupun tidak.

Oleh karenanya, pada wanita hamil sangat dianjurkan untuk senantiasa membaca Al Qur’an. Dan jika sang suami pun turut andil membaca Al Qur’an juga dengan memperdengarkannya kepada janin, akan memberikan dampak yang lebih luar biasa.

Janin yang berusia 6 bulan sudah mulai dapat mendengarkan suara dari luar dengan jelas. Efek ketenangan akan timbul antara si ibu dengan janin jika keduanya mendengar bacaan Al Qur’an.

Selain itu, otak janin akan cepat terangsang jika didengarkan bacaan Al Qur’an, terlebih yang dibacakan oleh sang ibu. Hal tersebut dapat meningkatkan kecerdasan bagi bayi ketia ia lahir nanti.

 

Tidak hanya itu loh, berikut beberapa manfaat membaca Al Qur’an bagi ibu hamil :

1. Kecerdasan Emosional yang Lebih Baik

Ibu hamil yang rutin membaca Al Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan emosional si janin, loh. Kestabilan emosi janin akan menjadi lebih baik, kondisi si ibu pun akan jauh lebih tenang. Bagi ibu hamil, sebaiknya tingkatkan kualitas membaca Al Qur’annya yah.

 

2. Dapat Menenangkan Janin

Dikarenakan hormon yang tidak stabil pada ibu hamil, perasaan sensitif yang berlebihan pun akan sering dialaminya. Oleh karenanya, dengan membaca Al Qur’an dapat menjadikan emosi si ibu menjadi stabil dan berefek pada rasa tenang yang dapat disalurkan kepada janin.

 

3. Janin Mendapat Supply Hormon Bahagia dari Sang Ibu Yang Membaca Al Qur’an

Bacaan al Qur’an menimbulkan ketenangan kepada siapapun yang membaca dan mendengarkannya. Jika hati sudah tenang, biasanya akan muncul rasa bahagia pada si pembaca. Nah rasa bahagia dapat meningkatkan hormon serotonin pada ib hamil yang mengalir pada aliran darah, dan dapat berdampak pada tersalurnya hormon bahagia berupa endorfin dan okstitosin pada janin.

 

4. Terstimulasinya Kecerdasan Sosial Janin

Jika si ibu banyak membaca Al Qur’an pada masa kehamilan, kecerdasan sosial pada anak kelak pun akan meningkat dengan baik dan berdampak pula pada membaiknya kepedulian terhadap sesama.

 

5. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Janin

Bacaan Al qur’an akan menstimulasi kecerdasan otak janin yang masih bisa berkembang selama masa pertumbuhan di dalam kandungan. Pada dasarnya janin yang menginjak usia 6 bulan akan memulai fase pembelajaran pertama di dalam kandungan. Untuk itu, dalam masa- masa tersebut, janin akan mendengar dengan jelas setiap suara yang diperdengarkan. Bahkan pada usia tersebut, janin juga akan memberikan respons terhadap apapun yang diperdengarkan. Jika selama ini anda mengetahui bahwa memperdengarkan musik klasik seperti mozart dapat meningkatkan kecerdasan janin, satu hal yang perlu kita ketahui bahwa membaca Al qur’an pun dapat meningkatkan kecerdasan otak janin lebih baik lagi.

 

6. Janin Tubuh Sehat, Cerdas, dan Islami

Al Qur’an itu sendiri merupakan kalam ilahi yang bisa dijadikan sebagai media berkomunikasi antara manusia dengan Tuhannya. Ibu hamil bisa memohon pertolongan Alloh supaya pada masa kehamilan serta proses melahirkan nantinya dapat berjalan dengan mudah. Dengan membaca ayat-ayat suci Al Qur’an, ibu hamil beserta janin akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Untuk itu, membaca Al Qur’an dapat dijadikan terapi alami yang tidak membutuhkan biaya mahal. Apabila intensitas membaca Al Qur’an bisa ditingkatkan, maka nantinya anak akan tumbuh menjadi pribadi cerdas yang islami. Selain itu, ketenangan antara ibu dan janin yang masih berada di dalam kandungan juga akan membuat kualitas kesehatan keduanya terjaga.

 

7. Ketika Lahir, Anak Akan Mempunyai Tingkat Moralias yang Tinggi

Anak yang selama berada di dalam masa kehamilan rutin mendengarkan bacaan Al Qur’an biasanya akan tumbuh lebih mencolok dibandingkan anak-anak seusianya. Selain itu, dari sikap dan tingkah laku juga mencerminkan nilai-nilai islami yang kuat. Salah satu perilaku yang menunjukan tingkat moralitas yang tinggi pada seorang anak yakni ia akan mudah menyadari kesalahan yang umum dilakukan oleh anak-anak sebayanya. Misalkan si anak telah diingatkan akan kesalahan yang dilakukan, biasanya sesegera mungkin akan mempunyai keinginan untuk meminta maaf terlebih dahulu

 

8. Anak Akan Mudah diarahkan pada Ajaran-Ajaran Islam

Anak-anak yang rutin diperdengarkan bacaan ayat-ayat Al Qur’an selama di dalam kandungan akan mempunyai tingkat kenakalan yang tidak berlebihan. Bahkan anak ini cenderung sangat mudah diarahkan untuk melakukan hal -hal yang menyangkut perkara agama. Terutama ketika diajarkan untuk beribadah seperti shalat dan mengaji. Kita pasti pernah menjumpai anak-anak di bawah umur yang justru mengingatkan orang tua atau teman sebayanya untuk melakukan ibadah bukan? Hal tersebut merupakan bukti nyata, bahwa ibu hamil yang rutin membaca Al Qur’an ketika hamil akan melahirkan anak yang taat pada perintah Tuhannya.

 

9. Meningkatnya Tingkat Kreatifitas dan Kualitas Hafalan pada Anak

Anak-anak yang terbiasa mendengarkan bacaan al qur’an akan mempunyai daya ingat yang tinggi. Ingatan atau memori yang tajam menjadikan anak ini mudah untuk menghafal, terutama hafalan Al Qur’an. Selain kecerdasan dalam hal hafalan, anak- anak yang terbiasa diperdengarkan bacaan Al Qur’an semenjak di dalam kandungan juga akan mempunyai tingkat kreatifitas yang tinggi.

 

10. Meningkatnya Kecerdasan Komunikasi pada Anak

Ayat-ayat suci Al Qur’an apabila sering dibaca atau diperdengarkan akan membuat anak mempunyai tingkat kecerdasan berkomunikasi yang baik. Jika dari segi sosial anak-anak ini mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, satu hal yang dapat dilihat pada anak tersebut yakni kemampuan menyampaikan isi pikiran secara orasi. Dari segi artikulasi dan tutur kata yang lugas mampu mencerminkan tingkat kecerdasan berkomunikasi pada anak-anak.

 

Yuk, mari tingkatkan kuantitas dan kualitas bacaan Al Qur’an kita, terutama untuk para ibu hamil. Semoga kelak melahirkan generasi qur’ani yang sholeh dan sholehah. Amin ^_^